Fungsi Kentut untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

0
25

Seputarherbal.com – Semua orang tentunya pernah buang angin atau kentut. Kentut merupakan bentuk reaksi alami dari tubuh manusia, yaitu berupa pelepasan gas dari dalam perut. Gas yang dikeluarkan, berasal dari beberapa sumber, seperti gas dari darah atau gas hasil reaksi kimia antara makanan dan bakteri yang terdapat di dalam usus. Proses terjadinya kentut (flatulensi) berawal dari gerak peristaltik usus, dimana gerakan tersebut bertujuan untuk mencerna makanan menuju anus. Gerakan tersebut mendesak isi usus, termasuk gas agar bergerak ke daerah tekanan yang lebih rendah, sehingga gas-gas ini keluar melalui anus. Meskipun cukup menganggu, fungsi kentut untuk kesehatan memang benar adanya. Berikut manfaat kentut untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui :

  • Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan. Hal tersebut terjadi karena, terjebaknya udara dalam saluran pencernaan yang tidak bisa dikeluarkan tubuh. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja,  maka dapat menyebabkan perut begah hingga terjadinya stroke. Berbahaya kan..! Tapi Anda tidak pelu khawatir, masalah perut kembung bisa diatasi dengan buang angin atau kentut. Saat kentut, udara yang tadinya terjebak di saluran pencernaan akan keluar dari tubuh, sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat perut kembung.

  • Menyehatkan Usus Besar

Menumpuknya gas di dalam perut dalam waktu yang lama, tentunya berdampak buruk bagi kesehatan. Meski sering dianggap sepele, masalah pencernaan yang terjadi akibat menahan kentut dapat menyebabkan masalah kesehatan usus besar. Jadi, jangan dibiasakan untuk menahan kentut, agar usus besar senantiasa sehat.

  • Mengatasi Sakit Perut

Penyakit distensi usus merupakan salah satu penyebab sakit perut. Untuk meradakan gejala tersebut, tubuh secara otomatis akan bereaksi dengan menghasilkan kentut. Anda juga dapat memancing terjadinya kentut, dengan cara menekan-nekan perut hingga angin dari dalam tubuh keluar dengan sendirinya. Hal tersebut biasanya berhasil untuk mengatasi sakit perut yang Anda alami.

Baca Juga : Gerakan Agar Bisa Buang Gas Dengan Cepat

  • Membantu Menyeimbangkan Diet

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tentunya makanan menjadi hal yang harus diperhatikan, agar tidak menganggu keseimbangan berat badan. Akan tetapi, banyaknya godaan membuat Anda kesulitan untuk menetapkan menu diet yang sudah Anda buat. Maka dari itu, kentut berperan penting untuk mengingatkan Anda. Hal tersebut disebabkan karena, kentut yang berbau busuk menandakan bahwa Anda mengonsumsi daging dalam jumlah berlebih. Oleh sebab itu, Anda bisa mengurangi konsumsi daging agar asupan gizi dalam diet Anda bisa kembali seimbang.

  • Mendeteksi Alergi

Sebagian orang tidak mengetahui bahwa kentut dapat mendeteksi adanya alergi terhadap jenis makanan tertentu. Perut kembung dan frekuensi kentut yang lebih sering dari biasanya, bisa jadi adalah tanda dari alergi. Namun, untuk mengetahui lebih jelasnya Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/