Faktor-Faktor ini Memicu Munculnya Kanker Serviks pada Wanita

0
69

Seputarherbal.com – Kanker serviks atau juga yang dikenal dengan kanker leher rahim, merupakan tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker pada saluran yang menghubungkan vagina wanita dengan rahim (leher rahim). Jumlah kematian yang disebabkan oleh kanker ini cukup tinggi sehingga kanker serviks merupakan penyakit yang sangat ditakuti wanita.

Penyebab utama munculnya kanker serviks adalah dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV) visrus ini menyebar akibat hubungan seksual yang dilakukan dengan cara yang salah. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang memicu terjadinya kanker serviks. Berikut faktor-faktor penyebab munculnya kanker serviks beserta penjelasannya, yang harus anda waspadai :

  • Infeksi Virus HPV

Human Papilloma virus (HPV) adalah virus yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks. Virus ini dapat ditularkan ketika melakukan hubungan seksual melalui vagina ataupun oral. HPV memiliki berbagai jenis virus yang jumlahnya lebih dari 100 virus. Namun, hanya ada 2 virus yang menjadi pemicu utama terjadinya kanker serviks pada wanita, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Presentasi terjadinya kanker serviks akibat HVP mencapai 99%. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus HPV adalah, anda dapat menggunakan pengaman saat hendak melakukan hubungan seksual dan menghindari penggunaan jarum suntik bekas.

  • Bergonta-Ganti Pasangan

Sering bergonta-ganti pasangan dapat meningkatkan risiko penularan virus HPV. Seperti yang telah anda ketahui virus HPV dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Jadi, bagi anda para wanita, sebaiknya anda setia pada satu pasangan saja.

Baca Juga : Waspadai 7 Ciri Ciri Kanker Serviks Stadium Awal Ini

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan, ternyata tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Namun, wanita yang mengalami obesitas juga rentan terkena penyakit kanker serviks, karena risikonya lebih besar. Maka dari itu atur pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur agar tubuh tetap ideal.

  • Sistem Imun Tubuh yang Lemah

Sistem imun yang lemah tentunya akan membuat seseorang lebih mudah terkena penyakit. Terjadinya infeksi di bagian leher rahim tentunya akan melemahkan sistem imun pada tubuh, sehingga wanita dengan sistem imun yang lemah akan lebih mudah terkena kanker serviks. Sedangkan pada wanita yang memiliki sistem imun kuat, infeksi ini akan ditangani sehingga virus tidak mudah berkembang dan manyebabkan infeksi.

  • Merokok

Bagi anda para wanita yang gemar merokok, mulai saat ini anda harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, wanita yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker serviks. Hal ini disebabkan karena, rokok mengandung zat adiktif yang dapat memicu tumbuhnya kanker. Tidak hanya itu, kandungan tembakau pada rokok kerap ditemukan pada leher rahim wanita. Merokok tentunya tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi penyakit lain seperti jantung dan paru-paru pun bisa terjadi apabila anda sering merokok.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here