Home Kesehatan Ini Dia 4 Penyebab Encok Kambuh

Ini Dia 4 Penyebab Encok Kambuh

0
80

Seputarherbal.com – Faktor Penyebab Encok Kambuh. Encok adalah nama lain dari penyakit rematik. Encok merupakan suatu kondisi dimana sendi terasa kaku, nyeri hingga menimbulkan dampak seperti bengkak dan peradangan pada sendi. Hal tersebut disebabkan karena, terjadinya penumpukan kristal asam urat yang berada di dalam jaringan ikat, antara lain terdapat pada ruang diantara dua tulang atau justru berada di dalam tulang itu sendiri. Penumpukan kristal itulah yang menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi yang terserang encok. Gejala dari asam urat, terkadang tidak disadari oleh penderitanya, sehingga membuatnya menjadi lebih parah.

Baca Juga : Perbedaan Rematik dan Asam urat

Asam urat sendiri, terjadi akibat tingginya kadar zat purin yang terdapat dalam tubuh. Zat purin yang berlebih dalam tubuh dapat memicu naiknya asam urat. Pada dasarnya, asam urat dapat larut di dalam darah dan dapat melewati ginjal, sebelum pada akhirnya akan dikeluarkan melalui urin. Namun, apabila produksi asam urat di dalam tubuh meningkat dan tidak terkendali, maka ginjal tidak akan mampu untuk menghilangkan asam urat tersebut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya hyperuricemia atau peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Makanan yang mengandung purin tinggi antara lain adalah, seafood, jeroan, makanan yang diolah dengan santan, ikan teri, ikan salmon dan daging merah. Makana tersebut ada baiknya untuk dihindari oleh Anda yang memiliki riwayat encok.

Untuk mencegah penyakit encok, maka Anda perlu mengetahui penybab dari penyakit tersebut. Berikutfaktor penyebab encok :

  • Alkohol

Seringnya mengonsumsi alkohol tentunya akan memicu kambuhnya encok dan meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit encok. Hal ini disebabkan karena, alkohol dapat menyebabkan terhambatnya pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

  • Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan (obesitas) juga menjadi salah satu pemicu terjadinya encok. Hal tersebut disebabkan karena, kelebihan berat badan dapat menyebabkan pecah atau bergantinya jaringan di dalam tubuh sehingga meyebabkan produksi asam urat meningkat.

  • Mengangkat Barang yang Terlalu Berat

Salah satu penyabab kambuhnya encok adalah mengangkat barang yang terlalu berat. Hal tersebut terjadi karena, mengangkat barang berat dapat membebani tulang sehingga akan memperparah gejala encok yang Anda derita.

  • Suhu yang Terlalu Dingin

Suhu yang terlalu dingin dapat mengakibatkan penyakit encok atau asam urat kambuh. Maka dari itu hindarilah berada dalam lingkungan yang terlalu dingin dalam jangka waktu tertentu dan jaga tubuh Anda agar tetap dalam keadaan hangat.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-jinak/