Efek Samping Operasi Laparoskopi

0
93
Efek Samping Operasi Laparoskopi

Efek Samping Operasi Laparoskopi

Seputarherbal.com – Operasi Laparoskopi, atau prosedur melakukan bedah operasi dengan melalui lubang kecil atau lubang kunci yang diperuntukan untuk mengakses bagian rongga perut dan panggul. Caranya dengan membius pasien, setelah itu ahli bedah akan membuat sayatan kecil di sekitar pusar. Setelah membentuk lubang sekitar 1-1,5 cm lalu di masukan tabung kecil kedalamnya dan pada tabung itu akan dimasukan laparoskop yaitu alat yang memiliki kamera dan lampu di ujung nya. Nah alat itu lah yang akan mengetahui atau mengakses kondisi dalam panggul dan perut, jadi gambar yang diakses tersebut akan uncul di monitor sehignga memudahkan para ahli bedah.

Prosedur ini memang bisa memudahkan bagi ahli bedah, dan juga memiliki beberapa kelebihannya. Seperti proses penyembuhan pasien yang lebih cepart, pendarahan yang minimal, nyeri pascabedah juga minimal, itulah kelebihannya. Tapi operasi laparoskopi juga memiliki efek samping yang bisa membahayakan. Apa saja efek samping operasi laparoskopi, simak penjelasannya dibawah ini.

Keadaan Alat yang Masih Jarang

Kedaan alat yang masih jarang tentunya akan menyulitkan pasien jika sudah beres pengoprasian. Bila penderita ingin sedang dalam proses pemulihan dan ingin melihan keadaannya , ia pasti akan ke tempat di mana ia di operasi dan belum tentu bisa ke tempat lain hanya untuk melihat keadaannya. Karena belum tentu di tempat lain tersedia kebutuhan alat untuk Laparoskopi.

Baca Juga :

Infeksi Luka

Infeksi luka bisa saja terjadi, jika perawatan pasca operasi tidak dilakukan dengan tepat. Operasi laparoskopi prosedurnya dengan melakukan sayatan pada bagian perut, berarti akan menimbulkan luka, dan setiap luka bisa memiliki resiko infeksi.

Usus Bisa Lengket

Karena pembukaan terjadi pada daerah dekat perut yang kmenuju empedu bisa mempengaruhi pada organ lain disekitarnya, termasuk organ usus. Organ usus bisa saja lengket dan tidak berfungsi dengan maksimal bila peroses operasi tidak dijalani dengan baik.

Selain itu operasi yang lama juga menjadi kekurangan pada operasi ini, dan bisa saja akibat hal ini akan menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya. Luka yang ditimbulkan akibat wadah tabung pun bisa cukup besar, yang tentunya luka tersebut akan terlihat mencolok usai melakukan operasi.

Sumber : Alodokter ,

https://lingshenyao.id/obat-kista-alami-dari-tumbuhan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here