Home Kesehatan Efek Samping Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

Efek Samping Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

0
58

Seputarherbal.com – Saat ini banyak orang yang percaya bahwa pasta gigi dapat digunakan untuk perawatan wajah, seperti menghilangkan jerawat, komedo, dan memutihkan wajah.┬áMeskipun dapat dibuktikan bahwa pasta gigi dapat memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat secara efektif, namun efek samping memutihkan wajah dengan pasta gigi juga dapat merusak kesehatan kulit Anda lho!

Hal tersebut disebabkan karena, pasta gigi mengandung bahan kimia yang pada dasarnya tidak boleh digunakan pada wajah, terutama jika Anda memiliki jenis kuit yang sensitif. Berikut ini efek samping yang akan terjadi jika Anda sering menggunakan pasta gigi di wajah Anda :

  • Kulit Wajah Menjadi Kering

Pasta gigi memang merupakan produk yang mudah ditemukan, dan pastinya selalu ada di setiap rumah. Hal ini tak jarang membuat beberapa orang menggunakannya untuk menghilangkan jerawat ataupun memutihkan kulit wajah. Namun, sebenarnya pasta gigi tidak seharusnya digunakan pada wajah, karena dapat menyebabkan kulit kering.

Meskipun pasta gigi memiliki kandungan zat triclosan yang berperan sebagai anti bakteri yang dapat membuat jerawat di wajah Anda menjadi kempes. Namun, zat tersebut tidak dianjurkan untuk digunakan di wajah. Sebab, zat triclosan pada pasta gigi digunakan untuk menangkis radang gusi, serta untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut saja.

  • Membuat Pori-Pori Membesar

Selain dapat menyebabkan kulit kering, pasta gigi juga dapat membuat pori-pori di wajah Anda membesar. Hal ini disebabkan karena pasta gigi memiliki kandungan alkohol, sehingga apabila bersentuhan dengan kulit wajah akan membuat kulit tidak dapat menyimpan air. Akibatnya, lapisan kulit wajah akan mudah terkikis dan menyebabkan pori-pori wajah Anda membesar, sehingga dapat memperparah peradangan di kulit.

  • Membuat Kulit Mengalami Pelepuhan

Penggunaan pasta gigi pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit mengalami pelepuhan. Hal ini menyebabkan kulit wajah merasakan sensasi panas seperti terbakar. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi pada wajah.

Baca Juga : Hal-hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Mengelupas

  • Membuat Jerawat Bertambah Parah

Meskipun pasta gigi dapat menghilangkan jerawat atau bekas jerawat secara efektif, namun penggunaan pasta gigi juga dapat memperparah jerawat di wajah. Pasalnya, pasta gigi mengandung menthol yang apabila di aplikasikan pada kulit wajah dapat menyebabkan gatal dan iritasi.

  • Memicu Alergi di Kulit Wajah

Penggunaan pasta gigi pada kulit wajah juga dapat memicu timbulnya alergi. Hal ini disebabkan karena perbedaan pH antara kulit wajah dan pasta gigi, sehingga menyebabkan kulit wajah terasa gatal dan membengkak.

6 Makanan Obat Pencegah Kanker Herbal