Ini Dia Efek Samping dari Mengonsumsi Jamu Kunyit Asam

0
45

Seputarherbal.com – Jamu merupakan olahan herbal yang dibuat baik dengan resep sendiri maupun resep turun temurun. Jamu digunakan sebagai alternatif pengganti obat-obatan dokter. Salah satu racikan atu resep yang sering diolah untuk dijadikan jamu adalah campuran kunyit dan asam jawa. Ramuan ini kerap digunakan untuk meredakan nyeri haid, menurunkan suhu tubuh ketika demam, dan sebagai obat anti radang.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi jamu kunyit asam terlalu sering dapat menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya. Berikut efek samping jamu kunyit asam yang akan dialami apabila terlalu sering dikonsumsi :

  • Menyebabkan Alergi

Efek samping yang muncul akibat terlalu sering mengonsumsi jamu kunyit asam adalah alergi. Umumnya gejala yang dirasakan adalah munculnya ruam-ruam yang mengakibatkan rasa gatal. Tidak hanya itu, terdapat beberapa efek samping lain, seperti pingsan, muntah, sesak nafas dan peradangan.

  • Meningkatkan Risiko Pendarahan

Jika anda akan menjalani prosedur bedah atau operasi, maka anda harus menghindari konsumsi minuman kunyit. Hal ini disebabkan karena kunyit dapat memperlambat proses pembekuan darah. Sehingga bisa jadi pendarahan akan bertambah parah jika anda mengonsumsi kunyit. Selain itu, asam jawa juga dapat meningkatkan risiko pendarahan ketika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan jenis NSAID seperti ibuprofen dan obat-obatan pengencer darah.

  • Menyebabkan Gangguan pada Lambung

Mengonsumsi jamu kunyit setiap hari dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini disebabkan karena kunyit memiliki sifat pedas dan panas, yang menyebabkan hiper keasaman lambung, maag dan refluks.

Baca Juga : Ini Cara Mengobati Asam Lambung pada Ibu Hamil

  • Gangguan pada Kehamilan

Bagi anda para wanita yang sedang hamil, ada baiknya anda menghindari konsumsi kunyit. Hal ini disebabkan karena, kandungan dalam kunyit dapat membantu untuk memperlancar haid. Tentunya hal tersebut dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil yang bahkan bisa menyebabkan keguguran atau persalinan prematur. Selain itu, mengonsumsi kunyit dalam keadaan hamil dapat mengganggu perkembangan janin yang dikandung.

  • Kelainan Fungsi Hati

Meminum ramuan kunyit setiap hari atau dalam dosis yang tinggi dipercaya dapat memperburuk fungsi hati dan empedu. Hati tidak selamanya mampu menetralisir zat-zat yang kita konsumsi setiap hari. Selain itu, bagi anda penderita fungsi empedu sebaiknya anda menghindari ramuan kunyit atau jamu kunyit asam, karena dapat meningkatkan gejala pada penderitanya.

https://lingshenyao.id/kanker-bisa-sembuh-total/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here