Home Kesehatan Manfaat dan Efek Samping Imunoterapi pada Pasien Kanker

Manfaat dan Efek Samping Imunoterapi pada Pasien Kanker

0
11

Seputarherbal.com – Efek Samping Imunoterapi Kanker. Imunoterapi merupakan jenis pengobatan yang berguna untuk mendorong kinerja sistem imun atau sistem kekebalan tubuh agar lebih efektif dalam melawan berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit kanker. Metode pengobatan ini dapat dilakukan melalui obat minum, infus, krim oles, maupun disuntikan langsung pada kandung kemih penderita kanker.

Pengobatan imunoterapi di gadang-gadang dapat memperlambat hingga menghentikan perkembangan sel kanker, serta membantu mencegahnya menyebar ke organ lain. Sejumlah jenis kanker, seperti kanker paru, ginjal, kulit, kandung kemih, dan limfoma, terbukti dapat diatasi dengan imunoterapi. Bahkan, beberapa jenis kanker stadium lanjut, seperti kanker serviks stadium 4, terkadang juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pengobatan imunoterapi.

Mengapa Menggunakan Imunoterapi Sebagai Pengobatan Kanker?

Pada dasarnya, salah satu penyebab sel kanker sulit ditangani adalah karena sistem kekebalan tubuh terkadang keliru, dalam artian tidak dapat mengenali sel kanker sebagai benda asing yang membahayakan tubuh. Pasalnya, beberapa sel kanker sangat mirip dengan sel normal pada umumnya.

Meskipun sistem kekebalan tubuh dapat mengenali sel kanker, namun responnya terkadang tidak cukup kuat untuk dapat membasminya. Padahal, sistem perkembangan sel kanker sangat cepat dan tidak terkontrol.

Maka dari itu, dilakukanlah pengobatan imunoterapi agar sistem imun lebih cerdas dalam mengenali sel kanker, serta memperkuat sistem imun terhadap sel kanker, sehingga perkembangan sel-sel kanker yang bersifat ganas dapat diperlambat, bahkan dihentikan.

Baca Juga : Ini Dia Obat Alami Kanker Tanpa Operasi

Berikut ini beberapa alasan, mengapa pengobatan imunoterapi dipilih untuk menangani kanker :

  • Imunoterapi sebagai pengobatan kanker dinilai lebih efektif dibandingkan  pengobatan lainnya, seperti kemoterapi atau radiasi, terutama pada kanker kulit.
  • Imunoterapi memiliki efek samping yang lebih kecil dibandingkan pengobatan kanker lainnya.
  • Imunoterapi dapat membantu efektivitas pengobatan lainnya yang sedang dilakukan. Misalkan, kinerja kemoterapi bisa berjalan lebih baik saat pasien juga menjalani imunoterapi.
  • Imunoterapi dapat meminimalisir kemungkinan kanker muncul kembali. Hal ini disebabkan karena pengobatan ini memicu imunomemori, yaitu kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mengingat sel kanker, sehingga sel kanker akan segera di berantas apabila muncul kembali.

Efek Samping Imunoterapi

Imunoterapi memang tidak lepas dari adanya efek samping yang dapat dialami pasien. Beberapa efek samping umum yang dapat terjadi selama pengobatan adalah nyeri, bengkak, kemerahan, muncul ruam, serta gatal pada bagian kulit yang disuntik. Selain itu, pengobatan ini juga dapat menimbulkan gejala, seperti demam, pusing, sakit kepala, dan nyeri otot.

Efek samping yang timbul bisa bermacam-macam, tergantung pada kondisi kesehatan pasien, jenis imunoterapi yang dilakukan dan dosis yang diberikan, serta jenis kanker yang diderita.

HARGA OBAT Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM