Efek Samping Minum Buah Zuriat saat Haid

0
183

Seputarherbal.com – Buah zuriat merupakan buah yang populer di kalangan jemaah haji. Buah ini berasal dari Hulu mesir, kan tetapi dapat juga Anda temukan di Sudan. Buah zuriat memiliki rasa yang segar dan nikmat untuk dimakan, serta memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh, namun buah ini termasuk buah yang langka. Banyak manfaat yang akan Anda dapat dari buah zuriat. Meski begitu, beberapa orang mempercayai bahwa buah ini dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam masa menstruasi (haid). Lantas apakah hal tersebut benar? Apa efek samping minum buah zuriat saat haid? Simak ulasan berikut.

Bolehkan Minum Buah Zuriat saat Haid?

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi atau meminum buah zuriat ketika haid berbahaya, bahkan ada juga yang mengatakan bahwa buah zuriat merupakan pantangan untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi. Namun, hal tersebut ternyata hanya mitos.

Pasalnya mengonsumsi atau meminum buah zuriat ketika haid itu tidak apa-apa, karena buah zuriat sendiri merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Namun ketika Anda sedang mengalami menstruasi, lebih baik tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Apabila Anda masih tetap ingin mengonsumsi buah zuriat dalam keadaan haid, maka sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Selain itu, apabila Anda memiliki riwayat penyakit yang serius, maka disarankan agar tidak mengonsumsinya ketika sedang haid karena dapat menimbulkan efek samping.

Baca Juga : Menghilangkan Nyeri Saat Haid dengan Buah

Berikut efek samping yang ditimbulkan, jika mengonsumsi buah zuriat secara berlebihan:

  • Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Salah satu efek samping yang timbul akibat mengonsumsi buah zuriat secara berlebih adalah, adanya gangguan pada sistem pencernaan. Hal tersebut disebabkan karena, buah zuriat yang masuk kedalam organ pencernaan dengan jumlah yang berlebih akan sulit dicerna, sehingga sistem pencernaan bekerja lebih keras dan menyebabkan gangguan pencernaan.

  • Menyebabkan Sembelit

Sistem pencernaan yang terganggu akibat mengonsumsi buah zuriat secara berlebih juga dapat menyebabkan terjadinya sembelit, dimana pergerakan usus menurun sehingga menyebabkan kesulitan buang air besar untuk waktu yang cukup lama.

  • Menyebabkan Diabetes

Perlu Anda ketahui bahwa buah zuriat juga mengandung gula yang cukup tinggi. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, terutama ketika Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Penyakit yang ditimbulkan, diantaranya adalah diabetes, dimana penyakit tersebut disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, penyakit lain yang dapat disebabkan oleh konsumsi buah zuriat secara berlebih adalah penyakit jantung.

Harga Promo | Obat Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM