Home Kesehatan Efek Kurang Tidur dalam Jangka Panjang

Efek Kurang Tidur dalam Jangka Panjang

0
72

Seputarherbal.com -Selama bulan Ramadhan, setiap umat muslim yang sudah baligh harus menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Oleh karena itu, mau tak mau pola hidup Anda akan mengalami sedikit perubahan, salah satunya adalah pola tidur. Saat hendak menunaikan ibadah puasa, Anda harus bangun lebih awal untuk sahur yang kemudian dilanjutkan dengan aktifitas sehari-hari. Apabila Anda memiliki pola tidur yag kurang baik, maka hal tersebut akan sangat mengacaukan waktu Anda sehingga mengakibatkan kurang tidur. Namun, Anda tidak boleh menganggap kurang tidur sebagai suatu hal yang sepele. Hal tersebut disebabkan karena, efek kurang tidur dalam jangka panjang cukup membahayakan kesehatan Anda.

Berikut dampak buruk kurang tidur yang perlu Anda ketahui :

  • Risiko Strok Meningkat

Salah satu dampak kurang tidur yang berbahaya adalah terjadinya stroke. Menurut penelitian di tahun 2012, tidur dalam jangka waktu yang pendek, yakni kurang dari 5 jam permalam dapat meningkatkan risiko terjadinya strok.

  • Risiko Diabetes Meningkat

Orang yang kurang tidur ataupun yang tidur terlalu lama juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, tidur selama 7 hingga 8 jam perhari adalah waktu yang tepat untuk menghindari masalah insulin yang dapat menyebabkan diabetes.

Baca Juga : Posisi Tidur Yang Baik

  • Menyebabkan Kematian

Sebuah penelitian di Inggris menunjukan bahwa seseorang yang memiliki pola tidur buruk atau yag memiliki jadwal padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, memiliki risiko tingkat kematian yang lebih besar dari mereka yang tidur secara teratur.

  • Menurunkan Daya Ingat

Ketika tubuh beristirahat, hal-hal yang telah di alami dan pelajari sehari-hari  akan masuk kedalam sistem ingatan jangka pendek. Pada saat itu juga koneksi saraf yang berhubungan dengan ingatan seseorang menguat. Apabila Anda memiliki pola tidur yang buruk, maka otomatis kemampuan otak dalam menyimpan ingatan pun akan mengalami penurunaan. Hal tersebut disebabkan karena, orang yang kurang tidur akan mudah ngantuk, yang menyebabkan orang tersebut menjadi mudah lupa. Penelitian juga menunjukan bahwa kurang tidur dalam jangka panjang dapat menurunkan fungsi otak dalam berpikir dan mengolah informasi. Selain itu, mengantuk juga dapat menghilangkan kemampuan Anda dalam berkonstentrasi. Maka dari itu, mulailah kebiasaan tidur yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri Anda sendiri.

  • Menyebabkan Penyakit Jantung

Waktu tidur yang singkat berkaitan dengan kondisi kardiovaskular yang buruk. Hal tersebut disebabkan karena, ketika seseorang kurang tidur, sistem metabollisme tubuhnya akan terpengaruh, sehingga menyebabkan kerusakan kumulatif, yang kemudian mengakibatkan munculnya penyakit jantung.

Obat Kanker Rahim: Bagaimana Khasiat Obat Herbal Ini?