Home Kesehatan Ini Dia Tips Diet Vegan untuk Pemula

Ini Dia Tips Diet Vegan untuk Pemula

0
13

Seputarherbal.com – Diet vegan merupakan salah satu cara diet yang banyak diminati. Selain dengan alasan untuk menghormati hak hewan dan lingkungan, diet vegan juga dilakukan karena memiliki berbagai macam kebaikan untuk kesehatan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai diet vegan, Anda perlu mengetahui bahwa diet vegan tentunya berbeda dengan diet vegetarian. Vegan sendiri merupakan salah satu dari berbagai jenis diet vegetarian.

Diet vegan biasanya dilakukan dengan cara menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk produk olahan yang berasal dari hewan, seperti susu, telur, keju, gelatin, madu, dan lain-lain. Sedangkan, diet vegetarian cenderung menghindari konsumsi daging dan produk hewani, tetapi ada yang masih mengonsumsi susu, madu, dan telur.

Meskipun terdengarseperti menyiksa diri, namun sebenarnya diet vegan dapat dilakukan tanpa harus merasa tersiksa karena tidak dapat mengonsumsi produk pangan hewani. Maka dari itu, kami akan membagikan tips bagi Anda yang tertarik untuk melakukan diet ini. Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin melakukan diet vegan :

  • Buat Rencana Makan

Saat tekad Anda sudah bulat untuk melakukan diet ini, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat rencana makan (meal plan). Hal ini bertujuan agar Anda senantiasa menghindar dari konsumsi makanan non-vegan baik secara sadar maupun tidak sadar.

Anda juga dapat membuat atau mengatur menu makan Anda, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, ataupun camilan Anda. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak terdaftar dalam meal plan yang telah Anda buat. Pada dasarnya, untuk menjalani diet, setiap orang tentunya harus disiplin dan membiasakan diri agar terbiasa dengan pola makan tersebut.

Baca Juga : Ini Cara Diet Yang Benar dan Cepat Berhasil

  • Mulai dengan Makanan Sederhana

Setelah menentukan meal plan, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Anda dapat memulainya dengan makanan ringan dan sederhana. Pasalnya, ada berbagai macam jenis makanan berbahan dasar nabati yang menarik untuk Anda coba. Namun, agar Anda tidak bingung dalam menentukan makanan vegan untuk dikonsumsi, ada baiknya jika Anda mulai dengan mengonsumsi makanan vegan ringan yang mudah ditemukan dan dibuat di rumah.

Ada beberapa menu sederhana dan murah yang dapat dibuat dan diolah dengan mudah, seperti roti dan selai, susu kedelai, jus, dan gado-gado (tanpa telur). Jika masih ingin mengonsumsi yang lain, Anda dapat menjadikan kacang-kacangan atau tahu isi sayur sebagai camilan Anda. Sedangkan untuk menu makan malam, Anda dapat menyantap jamur, tumir sayur, dan nasi merah.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-rahim/