Deteksi Dini Kanker Serviks

0
120
Deteksi Dini Kanker Serviks

Seputarherbal.com – Kanker mulut rahim atau yang dikenal dengan kanker serviks ialah suatu kanker yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Yang dimana letak kanker tersebut berada di antara rahim dan liang senggama.

Sekarang sudah jamannya  teknologi canggih yang dapat dengan mudah menemukan penyebab kanker serviks dan bisa dilakukan pencegahan dengan cara vaksinasi. Dengan adanya teknologi tersebut seharusnya angka kematian akibat kanker serviks menurun, tapi ini tidak. Mungkin karena kurang nya pengetahuan masyarakat akan adanya teknologi tersebut.

Apa Penyebab Kanker Serviks ?

Sampai saat ini penyebab utama kanker serviks masih di akibatkan oleh HPV atau Human Papilloma Virus. Sebetulnya virus ini akan menghilang dengan sendirinya dengan sistem kekebalan tubuh sendiri, namun ada juga yang menetap dan tak bisa hilang. Nah, virus yang menetap inilah yang merubah sel leher rahim menjadi sel kanker.

Baca Juga : Perbedaan Sel kanker dan sel normal

Mengapa orang bisa terkena HPV ?

Infeksi penularan HPV bisa di tularkan lewat kontak kelamin, bagi wanita yang sudah melakukan hub seks akan berisiko terkena kanker rahim. Bagi wanita yang sering merokok, sering bergonta-ganti pasangan pasti memiliki resiko terkena kanker serviks lebih besar.

Deteksi Dini Kanker Serviks

Sekarang ada istilah Pap Smear, nah bagi wanita ini wajib tahu. Ini adalah suatau cara yang dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks di leher rahim, test ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perubahan sel rahim atau tidak. Caranya dengan mengambil cairan di leher rahim, kemudian dilakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk langkah awal anda diharuskan untuk mejalani perilaku seksual yang sehat dan melakukan pencegahan dengan vaksinasi HPV. Dengan melakukan vaksinasi maka akan meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat menghancurkan virus yang masuk pada tubuh sebelum menyebabkan infeksi.

https://lingshenyao.id/tanda-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here