Khasiat Daun Tempuyung untuk Pengobatan

0
239

Daun tempuyung merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Daun tempuyung  untuk batu ginjal sangat berguna karena dapat menghancurkan batu ginjal. Daun tempuyung juga memiliki nama daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana.

Tanaman ini memiliki rasa pahit yang bersifat mendinginkan. Pada prinsipnya, semua bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan. Tapi yang paling sering adalah bagian daun berbentuk berombak memeluk batang inilah yang dipercaya memiliki efek farmakologis. Di antaranya dapat menghilangkan rasa panas dan racun diuretik (peluruh kencing), menghancurkan batu ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi dan aneka ragam kegunaan tempuyung dalam dunia pengobatan, tempuyung dapat diramu sebagai bahan tunggal maupun dicampur dengan berbagai tanaman obat lain.

Berikut adalah penyakit-penyakit yang dapat disembukan oleh daun tempuyung :

Bisul

Bahan yang harus dipersiapkan : Batang dan daun tempuyung 5 hingga 10 lembar Air bersih secukupnya untuk cara pemakaianya daun dan batang dicuci bersih, kemudian ditumbuk atau digiling halus dan diperas untuk diambil air perasannya. Untuk pemakaiannya, anda bisa oleskan Air perasannya  ditempat yang sakit.

Mastitis

Bahan yang harus dipersiapkan: 15 gram tempuyung 2 gelas air Tambahkan madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Cara pembuatan: Rebus daun tempuyung  hingga airnya panas . Untuk mengkonsumsinya, anda bisa tambahkan madu dan diminum selagi hangat.

Darah tinggi

Bahan yang harus dipersiapkan: 5-8 lembar daun tempuyung parutan kelapa secukupnya Belimbing wuluh secukupnya sebagai campuran Cara pembuatan: Daun tempuyung dicuci lalu diasapkan dan kemudian dicampur dengan parutan kepala. Belimbingnya dapat dipotong kecil-kecil untuk campuran lalapan. Anda bisa campurkan dengan nasi untuk lalapan dan bisa dikonsumsi 3 kali sehari

Baca Juga : Penyebab Darah Rendah

Kandung kencing dan batu empedu

Bahan yang harus dipersiapkan: 5 lembar daun tempuyung parutan kelapa secukupnya ,Cara pembuatan: Setelah dicuci lalu diasapkan sebentar dan kemudian dicampur dengan parutan kepala seperti halnya membuat urap Untuk pemakaiannya dengan cara dimakan bersama nasi sebagai lalapan dan dapat dikonsumsi 3 kali sehari

Batu ginjal

Bahan yang harus dipersiapkan : 250 gram daun tempuyung kering ditambah air 250 cc air digodok untuk diminum – 5 lembar daun tempuyung segar, 5 lembar daun alpukat, 5 lembar daun sawi, 2 jari gula aren. Bahan dicuci sampai bersih sebelum digodok dengan 3 gelar air sampai tersisa 2 1/4  gelas. Setelah ditiriskan agar dingin disaring lalu diminum  tiga kali, masing-masing 3/4 gelas. – 5 lembar daun tempuyung, 6 buah jagung muda, 3 jari gula aren, dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya.Kemudian digodok dengan air tiga gelas hingga tersisa 2 1/4 gelas untuk diminum tiga kali sehari,  masing-masing 3/4 gelas.

Kegemukan (obesitas)

Bahan yang harus dipersiapkan: Daun Tempuyung 4 lembar Air 100 ml Cara Pembuatan: direbus hingga mendidih. Anda bisa konsumsi dengan cara diminum sehari sekali. Dianjurkan selama 21 hari

Baca juga :Manfaat Daun Sambung Nyawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here