Manfaat Daun Sambung Nyawa

0
349
daun sambung nyawa

Seputarherbal.com – Masyarakat Indonesia kebanyakan menyebut tanaman ini dengan nama Daun Sambung Nyawa. Juga sering disebut dengan daun dewa dan akar sebiak, nama latin dari tanaman ini disebut Gynura Procumbens. Tanaman ini sering dijadikan lalapan dan tentunya bermanfaat juga untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat dari daun ini memang sudah lama dipakai oleh leluhur kita untuk mengobati berbagai jenis penyakit kronis. Khasatnya bisa untuk mengobati penyakit ginjal, infeksi kerongkongan, disentri, kanker, ambeien, sembuhkan tumor dan masih banyak lagi.

Daun sambung nyawa bila masih muda bentuknya perdu tegak dan bila sudah tua akan merambat. Bentuknya helaian , lonjong , pangkalnya membulat, ujungnya tumpul dan meruncing pendek. Sedangkan pada tepi nya tidak rata atau bergelombang agak bergerigi, Baunya pun jika di remas akan mengeluarkan aroma yang khas.

Di jaman yang sudah modern ini mungkin masyarakat sudah lupa dengan daun ini, padahal banyak produk yang membuat obat herbal yang menggunakan daun sambung nyawa. Ada yang di olah menjadi bentuk kapsul maupun serbuk. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa manfaat dari daun sambung nyawa untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Mengatasi Ambeien

Penyakit ambeieun bisa diatasi dengan menggunakan daun sambung nyawa. Anda bisa meracik ramuan dengan menyiapkan 5 daun ini untuk lalapan setiap makan. Daun ini juga bisa diolah menjadi jus segar , bagus untuk di konsumsi 1 kali dalam sehari.

Membuang Kolesterol

Kolestrol jahat yang terdapat pada tubuh bisa dibuang menggunakan daun ini. Cara mengkonsumsi nya pun sama , masih di jadikan bahan lalapan.

Mengobati Asam Urat, Kencing Manis/Diabetes

Daun sambung nyawa juga berkhasiat untuk mencegah penyakit asam urat dan kencing manis. Berikut cara untuk mencegah asam urat menggunakan daun sambung nyawa racikan sendiri.

  • Sediakan 4 lembar daun sambung nyawa yang sudah dicuci bersih.
  • Seduh daun sambung nyawa dengan air panas.
  • Setelah beberapa saat, saring air seduhan daun daun sambung nyawa, anda cukup meminum air seduhan daun sambung nyawa ini sehari sekali dipagi atau sore hari.

Menyembuhan Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker adalah penyakit berat selanjutnya yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa. Kebanyakan orang mengkonsumsi daun sambung nyawa ini dengan cara dibuat lalapan. namun untuk hasil yang lebih maksimal anda harus rutin membuat ramuan sederhana dari daun sambung nyawa yang bisa dibuat sendiri dengan cara :

  • Untuk bahannya anda bisa siapkan 4 gram daun sambung nyawa segar, 3 gram daun benalu, dan 7 gram bagian akar tanaman daruju yang sudah dicuci bersih dan simpan kedalam wajan.
  • Tuangkan 120 ml air mendidih kedalam wajan.
  • Bahan yang sudah ditambahkan air mendidih, lalu ditumbuk hingga halus dan tercampur rata.
  • Setelah dingin, saring ramuan untuk memisahkan ramuan dengan ampasnya.

Dalam waktu 30 hari khasiat dari ramuan ini sudah bisa anda rasakan manfaatnya, jika anda rutin mengkonsumsi 2 kali sehari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here