Daun Insulin dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

0
35

Seputarherbal.com – Diabetes adalah sebuah penyakit yang kronis atau berlangsung lama, yang ditandai dengan kadar gula yang tinggi. Jika tidak ditangani dengan baik , diabetes dapat menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya. Maka dari itu, tidak jarang penderita diabetes yang melakukan pengobatan alami sebagai alternatif lain untuk menggantikan obat dokter.

Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk membantu mengobati diabetes adalah daun insulin. Bagaimana cara daun insulin bekerja? Apakah daun insulin dapat menurunkan gula darah penderita diabetes? Simak penjelasan berikut!

Penelitian dari Kasturba Medical College menyatakan bahwa, mengkonsumsi daun insulin dipercaya akan menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam penelitian ini, peneliti membandingkan efeksitas daun insilin dengan obat Glibenclamide yang dikenal ampuh untuk mengobati diabetes.

Dalam penelitian lainnya, yang diterbitkan oleh International Journal of Ayurveda Research juga menemukan hal serupa. Hasil laporan dari penelitian tersebut mengatakan bahwa daun insulin mampu menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar gula darah 2 jam postprandial (GD2PP) ke taraf normal pada tikus lab yang telah diinduksi dengan obat dexamethasone sehingga terjadi hiperglikemia (kondisi dimana keadaan kadar gula darah tinggi).

Baca Juga : Buah Mengkudu Untuk Diabetes

Akan tetapi, masih belum jelas bagaimana mekanisme daun insulin untuk menurunkan gula darah. Selain dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, daun insulin juga memiliki manfaat yang lain untuk kesehatan. Diantaranya :

  • Mengandung Antioksidan

Daun insulin mengandung dua senyawa antioksidan, yaitu diosgenin dan quercetin. Kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas, khususnya pada organ hati, ginjal dan pankreas. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa antioksidan daun ini tergolong sangat tinggi.

  • Sifat Antimikroba

Kandungan ekstrakmetanol dalam daun insulin ini menunjukkan aktifitas antibakteri yang berperan melawan berkembangnya bakeri-bakeri, seperti Bacillus megaterium, Staphylococcusn aureus, Salmonella, Streptococcus lactis dan Pseudomonomon aeruginosa negatif.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penurunan tekanan darah yang dilakukan oleh daun insulin, berasal dari efek diuretik yang kerjanya mirip seperti obat furosemide. Furosemide merupakan obat diuretik yang membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

https://lingshenyao.id/penyebab-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here