Home Kesehatan Ini Dia 4 Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan

Ini Dia 4 Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan

0
54

Seputarherbal.com – Pencermaran udara atau polusi merupakan permasalahan utama dari kesehatan lingkungan di seluruh dunia. Bahkan, studi kajian milik Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2013, menyimpulkan bahwa polusi udara merupakan penyebab terjadinya penyakit kanker pada manusia, terutama kanker paru-paru. Lalu apa saja dampak polusi udara bagi kesehatan yang lainnya?

Polusi udara, terutama yang berasal dari asap kendaraan dapat memeberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Tanpa Anda sadari, padatnya aktivitas sehari-hari membuat Anda lupa melindungi tubuh Anda sendiri dari paparan polusi udara. Pasalnya, asap kendaraan merupakan salah satu penyebab utama polusi udara di lingkungan sekitar. Maka dari itu, apabila Anda akan bepergian lebih baik Anda menggunakan masker agar terhindar dari paparan polusi udara.

Berikut ini beberapa dampak buruk polusi udara bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :

  • Particulate Matter (PM)

Particulate Matter (PM) merupakan kumpulan partikel yang berbentuk padat ataupun cair dan dapat ditemukan di udara. Komponen utama dari PM sendiri adalah sulfat, nitrat, natrium, klorida, amonia, karbon hitam, mineral debu, dan air.

Adanya PM di udara erat kaitannya dengan peningkatan angka kematian dan kasus penyakit dari waktu ke waktu. Semakin kecil ukuran partikel ini, maka akan semakin mudah pula untuk terhirup dan terserap ke dalam jaringan paru-paru dan kemudian mengalir ke dalam darah. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, partikel berukuran kecil tersebut memiliki kemampuan untuk merusak kesehatan dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

  • Merusak Pernapasan

Polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan kebanyakan akan membuat seseorang mengalami gangguan pernapasan. Dampak polusi udara tersebut bermacam-macam, mulai dari menurunnya kadar oksigen dalam tubuh, hingga kerusakan saluran pernapasan seperti asma.

Tak hanya itu, paparan polusi udara di dalam ruangan yang berasal dari asap pembakaran kompor kayu atau arang juga dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA), penyakit paru-paru obstruktif, penyakit jantung, hingga kanker paru-paru.

Baca Juga : Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami

  • Perdaran Oksigen dalam Darah Terganggu

Selain saluran pernapasan, sistem peredaran darah pun dapat mengalami gangguan akibat polusi udara. Pasalnya, karbon monoksida (CO) yang terhirup terlalu banyak akan menyebabkan kadar kekentalan darah dan kadar protein meningkat. Hal ini menjadi tanda perkembangan radang pembuluh darah (arterosklerosis).

  • Bersifat Karsinogenik

Polusi udara dari hasil asap kendaraan memiliki sifat karsinogenik yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, zat karsinogenik dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh dan dalam kondisi yang serius dapat memicu terjadinya kanker.

OBAT CINA Kanker Serviks Terbaik di Dunia