Home Kesehatan Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan

Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan

0
31

Seputarherbal.com – Tahukah Anda, bahwa dampak kabut asap tidak hanya buruk untuk lingkungan, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Bahkan para ahli kesehatan menyatakan bahwa pada dasarnya kabut asap dapat mengganggu kesehatan manusia dalam kondisi apapun, baik sakit maupun sehat. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit, seperti penyakit paru-paru dan jantung. Tak hanya itu, gangguan kesehatan akibat kabut asap juga rentan terjadi pada lansia dan anak-anak.

Kabut asap termasuk pencermaran udara atau polusi yang merupakan permasalahan utama dari kesehatan lingkungan di seluruh dunia. Bahkan, studi kajian milik Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2013, menyimpulkan bahwa polusi udara merupakan penyebab terjadinya penyakit kanker pada manusia, terutama kanker paru-paru.

Selain dapat memicu terjadinya kanker paru-paru, berikut ini bahaya kabut asap bagi kesehatan :

  • Menyebabkan Iritasi

Terpapar kabut asap dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan iritasi pada beberapa bagian tubuh, seperti hidung, tenggorokan, dan mata. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka akan diperparah dengan munculnya reaksi alergi, infeksi, dan juga peradangan akut.

  • Merusak Pernapasan

Paparan kabut asap dapat menyebabkan kinerja paru-paru menurun, sehingga menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Dampak kabut asap untuk pernapasan bermacam-macam, mulai dari menurunnya kadar oksigen dalam tubuh, hingga kerusakan saluran pernapasan seperti asma. Selain itu, paparan polusi udara berupa kabut asap ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA), penyakit paru-paru obstruktif, penyakit jantung, hingga kanker paru-paru.

Baca Juga : Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami

  • Peredaran Oksigen dalam Darah Terganggu

Selain saluran pernapasan, sistem peredaran darah pun dapat mengalami gangguan akibat paparan kabut asap. Pasalnya, karbon monoksida (CO) yang terhirup terlalu banyak akan menyebabkan kadar kekentalan darah dan kadar protein meningkat. Hal ini menjadi tanda perkembangan radang pembuluh darah (arterosklerosis).

  • Sumber Polutan

Bahan polutan yang terdapat pada asap kebakaran hutan juga dapat menjadi sumbe polutan, sehingga air bersih dan makanan tidak terlindungi.

  • Bersifat Karsinogenik

Polusi udara dari hasil kebakaran hutan memiliki sifat karsinogenik yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena, zat karsinogenik dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh dan dalam kondisi yang serius dapat memicu terjadinya kanker.

  • Particulate Matter (PM)

Particulate Matter (PM) merupakan kumpulan partikel yang berbentuk padat ataupun cair, dan dapat ditemukan di udara. Komponen utama dari PM sendiri adalah nitrat, sulfat, natrium, klorida, amonia, karbon hitam, mineral debu, dan air.

Kondisi ini erat kaitannya dengan peningkatan angka kematian dan kasus penyakit dari waktu ke waktu. Semakin kecil ukuran partikel ini, maka akan semakin mudah pula untuk terhirup dan terserap ke dalam jaringan paru-paru dan kemudian mengalir ke dalam darah. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, partikel berukuran kecil tersebut memiliki kemampuan untuk merusak kesehatan dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Bebas Kista TANPA OPERASI | OBAT HERBAL