Home Kesehatan Arti Perubahan Warna Dahak yang Perlu Diketahui

Arti Perubahan Warna Dahak yang Perlu Diketahui

0
14

Seputarherbal.com – Pernahkah Anda merasa jika dahak yang keluar ketika batuk terlihat berbeda sari biasnaya? Normalnya, dahak yang keluar ketika batuk cenderung tidak berwarna (bening) atau berwarna kehijauan. Namun, dalam beberapa kondisi, dahak yang keluar bisa berupa dahak putih, merah, bahkan hitam. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab bisa menjadi gejala dari penyakit serius. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui warna dahak.

Dengan mengenali perubahan warna dahak, Anda akan lebih mudah dalam mengenali kondisi kesehatan Anda. Selain itu, warna dahak juga dapat dijadikan pertanda seberapa parah penyakit yang Anda derita. Untuk lebih jelasnya lagi, dalam artikel ini kami akan membahas makna dari perubahan warna dahak. Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini makna perubahan warna dahak yang perlu Anda ketahui :

  • Dahak Bening

Umumnya, dahak yang muncul karena batung cenderung berwarna bening. Akan tetapi, kondisi ini ternyata dapat menjadi tanda adanya infeksi virus atau reaksi alergi pada sistem pernafasan Anda. Pada dasarnya, dahak bening yang keluar dari tubuh memiliki kandungan air, protein, garam yang larut dan antibodi. Dahak bening memiliki peran sebagai zat yang melembapkan sistem pernapasan di dalam tubuh.

  • Dahak Putih

Selain bening, dahak yang keluar dari dalam tubuh juga dapat berwarna putih. Jika Anda mengalami hal ini, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. Pasalnya, dahak putih biasanya merupakan gejala dari berbagai macam penyakit. Diantaranya adalah, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan bronkitis yang disebabkan virus.

Tak hanya itu, keluarnya dahak perwarna putih juga merupakan gejala dari penyakit asam lambung (GERD). Meskipun begitu, penyakit asam lambung ini tergolong jarang menyebabkan keluarnya dahak berwarna putih. Dahak putih juga bisa jadi pertanda adanya gagal jantung kongestif, yakni kondisi di mana jantung tidak mampu memompa darah kes seluruh tubuh dengan baik.

  • Dahak Hijau atau Kuning

Keluarnya dahak berwarna hijau atau kuning dari tubuh dapat menjadi pertanda bahwa sel darah putih di dalam tubuh sedang melawan infeksi. Selain itu, jenis dahak ini juga dapat menandakan adanya penyakit, seperti infeksi, bronkitis, peradangan paru-paru (pneumonia), atau sinusitis. Pasalnya, dahak hijau atau kuning dapat terjadi karena infeksi yang menyebabkan peradangan pada sinus.

  • Dahak Merah

Dahak merah merupakan dahak yang bercampur dengan darah. Keluarnya dahak berwarna merah atau merah muda bida menjadi tanda adanya penyakit, seperti tuberkulosis, edema paru, emboli paru, hingga kanker paru.

Baca Juga : Pulih dari Kanker Paru dengan Obat HERBAL

  • Dahak Hitam

Dahak hitam (melanopis), merupakan kondiai yang dapat terjadi karena beberapa hal. Diantaranya adalah pneumoconiosis, infeksi jamur, hingga akibat kebiasaan merokok. Jika keluarnya dahak hitam disertai dengan gejala lain yang mengganggu, maka segera lakukan pemeriksaan.

Pulih dari Kanker Paru dengan Obat HERBAL