Daftar Makanan dan Minuman untuk Memperlancar ASI

0
19

Seputarherbal.com – ASI merupakan asupan makanan dan minuman untuk bayi yang baru lahir. Umumnya seorang ibu harus memberikan ASI secara eksklusif pada bayinya selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, baru bayi diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan lain sebagai makanan pendamping ASI atau MP ASI. Makanan pendamping tersebut bisa berupa bubur yang halus. Kandungan gizi pada ASI tentunya jauh lebih baik daripada susu formula. ASI sangat berguna untuk kekebalan tubuh dan kecerdasan otak pada bayi. Maka dari itu memberikan ASI pada bayi merupakan suatu hal yang sangat penting.

Baca Juga : Buah Sebagai Plengakap MPASI

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang mudah didapat untuk memperbanyak produksi ASI pada ibu menyusui. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang dapat meperlancar ASI.

  • Air Putih

Air putih memang penting untuk semua orang, khususnya untuk anda yang tengah menyusui. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka akan menghambat produksi ASI yang banyak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dan jangan sampai anda mengalami dehidrasi. Karena hal tersebut dapat mengganggu produksi ASI.

  • Pepaya

Apapun itu yang berhubungan dengan pepaya, baik buahnya, daunnya, bahkan bunganya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan beberapa mineral yang penting, seperti asam folat, kalium dan enzim papain. Ibu menyusui tentunya membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Nah, kandungan enzim papain yang terdapat pada pepaya bermanfaat untuk membantu mencerna protein. Selain itu, cairan yang terkandung dalam buah pepaya bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI.

  • Sup

Sup merupakan salah satu makanan yang dapat menambah produksi ASI pada ibu menyusui. Namun, tidak sembarang sup yang dapat memperbanyak produksi ASI. Sup tersebut adalah sup ikan, sup ayam ataupun sup daging. Kuah yang terdapat pada sup berguna untuk menambah asupan cairan tubuh. Sedangkan ikan, ayam dan daging berguna untuk menambah asupan protein dalam tubuh ibu yang sedang menyusui. Selain itu, sup juga biasanya dilengkapi dengan berbagai macam sayuran yang berguna untuk melengkapi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

  • Wortel

Wortel dikenal dengan sayuran yang mengandung banyak vitamin A. Selain itu, wortel juga mengandung beta karoten, dan enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak produksi ASI.

  • Daun Katuk

Daun katuk dari dulu memang sudah dipercaya sebagai salah satu bahan untuk memperbanyak produksi ASI pada ibu menyusui karena mengandung banyak protein. Rasa daun ini memang pahit. Maka dari itu, perlu diolah dengan tepat agar daunnya tidak terasa pahit. Namun, saat ini daun katuk sulit untuk ditemukan, sehingga para ibu menyusui tidak dapat mengonsumsi daun ini.

  • Oatmeal

Selai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah, oatmeal juga bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI. Mengonsumsi oatmeal dapat memicu hormon oxytocin, yang mana hormon tersebut berpengaruh pada produksi ASI pada ibu menyusui.

https://lingshenyao.id/pengobatan-tumor-otak/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here