3 Ciri Kulit Sehat yang Perlu Diketahui

0
7

Seputarherbal.com – Kulit sehat terawat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya para wanita. Namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana ciri kulit sehat itu sendiri. Apakah kulit yang sehat merupakan kulit yang putih bersih? Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai, apa saja ciri-ciri yang menunjukan bahwa kulit seseorang berada dalam kondisi sehat terawat.

Pada dasarnya, kulit yang sehat merupakan kulit yang terbebas dari berbagai macam masalah kulit. Penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri kulit sehat agar dapat memudahkan Anda dalam memilih produk perawatan yang dibutuhkan dan cocok untuk kulit Anda. Berikut ini ciri-ciri kulit sehat yang perlu Anda ketahui :

  • Warna yang Merata

Salah satu tanda bahwa kulit Anda sehat dapat dilihat dari warna kulit Anda. Kulit yang sehat memiliki warna yang merata dan konsisten. Apabila area kulit Anda terdapat warna yang lebih gelap atau lebih terang, itu tandanya ada ketidak seimbangan pigmen yang seharusnya terdistribusi dengan baik.

Pigmen atau melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit. Warna kulit yang lebih gelap, menandakan adanya distribusi yang berlebihan di area tersebut. Sebaliknya, pada area kulit yang lebih terang menandakan adanya distribusi melanin yang lebih sedikit.

  • Memiliki Tekstur yang Halus dan Lembut

Ciri-ciri kulit sehat yang selanjutnya adalah memiliki tekstur yang halus dan lembut. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi kelembabpan serta lapisan kulit sel mati (keratin) yang terdapat pada permukaan kulit.

Pada umumnya, kulit akan memperbarui dirinya dari sel kulit mati setiap 20 hari. Namun terkadang sel-sel kulit mati tersebut malah menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga kulit tampak lebih kusam dan tekstur kulit pun menjadi kasar.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan eksfoliasi (pengelupasan) pada kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang tersisa. Anda dapat menggunakan scrub dan mengaplikasikannya secara lembut ke permukaan kulit untuk melakukan eksfoliasi.

  • Lembap

Kulit yang sehat ditandai dengan kondisi kulit yang lembap (terhidrasi), yang artinya asupan air untuk kulit terpenuhi. Air dapat menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit agar tidak timbul berbagai macam masalah, seperti timbulnya jerawat dan kulit berminyak.

Baca Juga : Penyebab Kulit Kering

Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan terasa kering dan kasar, sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit yang lebih cepat daripada seharusnya. Selain itu, kulit kering biasanya mudah gatal, bersisik, bahkan bisa mengelupas. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga kelembapan kulit.

Obat Kanker Tanpa Operasi | Beli Online Via Tokopedia