Cara Melatih Otak Agar tidak Lambat Berpikir

0
265

Seputarherbal.com – Ciri-Ciri Orang Lambat Berpikir. Jika Anda merasa sebagai salah satu orang yang lambat dalam berpikir, kemungkinan Anda jarang mengasah otak atau kecerdasan Anda.

Pada dasarnya, otak memiliki peran yang sangat penting bagi setiap manusia, di mana Ia bertugas untuk memberikan perintah pada seluruh organ tubuh. Maka dari itu, ketika otak tidak dilatih dan dijaga dengan baik, maka kemungkinan Anda menjadi lambat dalam berpikir. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja organ saraf lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara melatih kecerdasan otak, agar tidak lambat dalam berpikir.

Ada berbagai cara yang dapat Anda coba dan lakukan untuk melatih otak Anda, termasuk dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat Anda jadikan sebagai hobi. Bahkan, mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa ada beberapa kegiatan sehari-hari yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan orak. Apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Berikut ini berbagai kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak :

  • Membaca Buku Fiksi

Jika Anda berpikir bahwa buku yang dapat membuat Anda lebih pintar hanya buku-buku non-fiksi, maka Anda salah besar.  Studi dari York University di Toronto menyatakan bahwa, orang-orang yang gemar membaca buku fiksi memiliki kemampuan empati yang lebih baik. Hal ini membuat mereka mampu memahami orang lain dengan lebih baik, dan melihat pandangan dunia di luar pandangan yang berasal dari diri sendiri.

Baca Juga : 5 Makanan Ini dapat Merusak Kesehatan Otak

Hal tersebut disebabkan karena, ketika seseorang benar-benar membaca, maka orang tersebut secara ototmatis akan menciptakan alur di kepalanya, sehingga bagian otak mereka akan lebih aktif. Sebab, ketika mereka membaca buku fiksi, mereka membayangkan seolah-olah apa yang mereka baca benar-benar terjadi di dalam kehidupan nyata. Pada akhirnya, terbentuklah sebuah alur cerita di kepala mereka. Hal ini menunjukan bahwa membaca buku fiksi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan IQ seseorang.

  • Bermain Scrabble

Scrabble adalah jenis permainan dengan memanfaatkan pengetahuan kosakata. Namun, permainan ini tidak semudah kelihatannya. Pasalnya, untuk dapat memainkan permainan ini, Anda perlu memiliki pengetahuan kosa kata yang luas, serta pengenalan pola untuk melakukannya dengan baik. Permainan ini tentunya sangat bermanfaat untuk membantu mengasah kekuatan otak pemainnya.

  • Bermain Catur

Selain scrabble, bermain catur juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otak Anda. Permainan ini membutuhkan banyak keterampilan, seperti visualisasi, perencanaan, adaptasi, serta kemampuan untuk membaca gerakan dan strategi lawan. Keterampilan inilah yang dapat membantu Anda dalam mengasah kemampuan otak agar bekerja lebih baik.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kanker-rahim/