Berikut Ciri-Ciri Kista Diluar Rahim

0
62

Ciri-ciri kista diluar rahim

Seputarherbal.com – Kista merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan tumbuhnya benjolan. Benjolan tersebut berupa cairan yang mengandung kantong dan ukurannya pun bervariasi, mulai dari sangat kecil (mikroskopik) hingga besar. Benjolan yang berukuran besar dapat menghimpit organ dalam didekatnya. Kista tumbuh pada jaringan yang normal, keadaan ini merupakan suatu hal yang tidak normal dan merupakan tumor jinak (Biasanya tidak bersifat ganas atau kanker) yang paling banyak ditemui.

Setiap wanita pada dasarnya memiliki dua indung telur (ovarium), dimana ovarium tersebut akan melepas sel telur secara bergantian setiap bulannya. Benjolan kista, terkadang dapat berkembang pada salah satu ovarium. Mungkin Anda pernah mengalaminya tanpa disadari. Kista kerap dialami oleh wanita tanpa mereka sadari. Akan tetapi, kondisi tersebut tidak menyakitkan atau bahkan berbahaya. Penyakit kista ovarium dapat hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan apapun.

Akan tetapi, meskipun dapat hilang dengan sendirinya, Anda harus tetap waspada. Pasalnya, jika benjolan tersebut tidak hilang, maka akan terus membesar dan pecah. Sehingga dapat menimbulkan gejala penyakit kista ovarium yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kista ovarium terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Kista Ovarium Fungsional

Pada kondisi ini, benjolan dapat berkembang karena bagian dari siklus menstruasi. Kista ovarium fungsional tidak berbahaya dan mudah hilang dengan sendirinya. Jenis kista ini merupakan jenis yang paling umum.

2. Kista Ovarium Patologis

Pada kondisi ini, benjolan dapat berkembang karena pertumbuhan sel yang abnormal. Kondisi ini, biasanya menimbulkan gejala dan memerlukan perawatan khusus untuk mengatasinya. Kista ovarium patologis dapat bersifat ganas (kanker).

Baca Juga : Cara mencegah kista rahim dengan ling shen yao

Berikut ciri-ciri kista ovarium yang perlu Anda ketahui :

  • Rasa nyeri yang ringan menyebar ke punggung bawah dan paha
  • Neri haid sebelum periode menstruasi mulai
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Mual dan muntah atau nyeri payudara selama masa kehamilan
  • Nyeri saat buang air besar akibat tekanan pada usus
  • Perut terasa kembung dan begah
  • Kesulitan dalam buang air kecil dan mengosongkan kandung kemih secara sempurna karena terdapat tekanan pada kemih.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/