Ciri-Ciri Keputihan Akibat Stres dan Kelelahan

0
49

Seputarherbal.com – Ciri-Ciri Keputihan Karena Kecapean. Aktivitas sehari-hari kerap membuat seseorang menjadi kelelahan dan mengalami stres. Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi pada siapa saja. Namun bagi wanita, kondisi tersebut ternyata dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya masalah pada keputihan. Lantas, bagaimana kelelahan dan stres dapat meyebabkan keputihan? Dan bagaimana ciri-ciri keputihan karena kecapean?

Ketika kelelahan, mengalami tekanan, dan stres, seseorang akan mengeluarkan hormon kortisol, yakni hormon yang mengendalikan stres. Kondisi ini dapat memicu terjadinya gangguan hormonal. Gangguan hormonal ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan pH vagina, sehingga dapat memicu keputihan berlebih.

Perlu Anda ketahui, bahwa cairan keputihan sendiri berasal dari kelenjar leher rahim dan dinding vagina, yang membawa bakteri dan sel mati keluar dari tubuh Anda. Maka dari itu, keputihan pada dasarnya berguna untuk membantu menjaga vagina agar tetap bersih dan mencegah terjadinya infeksi.

Selain itu, keputihan bisa terjadi secara normal dan tidak normal. Hal yang membedakan normal atau tidaknya keputihan adalah warna, aroma, dan tekstur keputihan. Ada tekstur keputihan yang cair, kental, lengket, dan ada juga yang elastis seperti karet. Umumnya, cairan keputihan normal berwarna jernih (transparan) atau putih.

Ciri-Ciri Keputihan Normal

Seperti yang telah dismpaikan sebelumnya, bahwa keputihan normal biasanya berwarna putih atau bening. Selain itu, keputihan normal juga cenderung tidak berbau, teba dan lengket saat menjelang siklus menstruasi. Sementara menjelang ovulasi atau masa subur, keputihan berwarna lebih bening, basah, dan licin.

Volume cairan keputihan nirmal akan meningkat ketika Anda sedang mengalami gairah seksual, dalam masa ovulasi, mengonsumsi pil KB, megalami stres, atau ketika sedang berolahraga. Warna, tekstur, dan banyaknya cairan keputihan yang keluat dari vagina dapat berubah saat terjadinya perubanhan hormonal yang dipicu oleh siklus menstruasi, stres, atau konsumsu pil KB.

Ciri-Ciri Keputihan tidak Normal

Apabila warna, aroma, dan tekstur keputihan yang Anda alami berbeda dari biasanya, dan disertai dengan rasa gatal, panas, atau perih, maka bisa jadi keputihan yang Anda alami merupakan keputihan abnormal.

Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya keputihan abnormal. Diantaranya adalah, pengaruh obat antibiotik atau kortikosteroid, konsumsi pil KB, infeksi jamur atau bakteri pada vagina, diabetes, penyakit radang panggul, penggunaan sabun wangi, hingga kanker serviks.

Baca Juga : 4 Pengobatan Herbal Untuk Tumpas Kanker Serviks

Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai wanita untuk lebih cermat dan teliti dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan Anda, agar tidak terjadi masalah yang membahayakan kesehatan.

Minum Obat Endometriosis Alami Jika Merasakan Gejala Ini