Gejala-Gejala Ini Jarang Disadari Penderita Kanker Serviks

0
82

Seputarherbal.com – Kanker serviks atau bisa disebut kanker leher rahim merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di leher rahim. Kanker leher rahim ini disebabkan oleh inveksi Human Papiloma Virus (HPV), tepatnya HPV 16 dan HPV 18 dimana virus ini didapatkan ketika melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Selain itu, kanker serviks bisa menyebabkan kematian apabila tidak diatasi sejak dini. Namun, gejala kanker serviks sendiri sulit untuk dikenali sehingga kebanyakan wanita tidak menyadarinya.

Pada tahap awal, yakni stadium 0 sampai stadium 1, kanker serviks dapat diobati dan disembuhkan. Lalu gejala apa saja yang dialami oleh wanita yang terkena kanker serviks?. Ini dia ciri-ciri kanker rahim stadium awal :

Baca Juga : Biaya Vaksin Kanker Serviks

  • Keluar Darah dari Vagina

Apabila keluar darah secara tiba-tiba dari vagina anda, sedangkan pada saat itu anda tidak sedang mengalami menstruasi atau sudah dalam masa menopause, maka hal tersebut bisa jadi suatu gejala dari kanker serviks tahap awal (stadium 1). Pendarahan ini biasanya terjadi setelah melakukan hubungan seksual.

  • Keputihan Berlebih

Keputihan tentunya merupakan suatu hal yang normal dan kerap dialami oleh wanita. Namun anda harus tetap berhati-hati, ada kalanya keputihan yang keluar dari vagina anda menandakan suatu gangguan kesehatan. Gejala kanker serkviks sendiri ditandai dengan keputihan yang berbau tidak sedap dan disertai adanya nanah dan darah.

  • Nyeri di Panggul

Jika anda sedang melakukan hubungan seksual dan tidak dalam masa menstruasi kemudian anda merasakan nyeri panggul, lebih baik segera diperiksa ke dokter. Karena nyeri panggul yang anda rasakan tidaklah normal, bisa jadi itu suatu gejala kanker serviks tahap awal.

  • Kesulitan Buang Air Besar

Apakah anda sering kesulitan saat buang air besar? Jika ya, anda harus hati hati karena perubahan jadwal buang air besar merupakan salah satu gejala awal dari kanker serviks. Ketika kanker serviks sudah tumbuh menjadi besar, maka benjolan kanker akan menekan usus sehingga membuat anda sulit untuk buang air besar.

Nah, itu tadi gejala-gejala awal kanker serviks. Apabila anda mengalaminya, segera lakukan pemeriksaan agar dapat ditangani dengan cepat.

https://lingshenyao.id/operasi-kista-ovarium/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here