Ciri-Ciri Gula Darah Normal yang Perlu Diketahui

0
51

Seputarherbal.com – Ciri-Ciri Gula Darah Sudah Normal. Kadar glukosa darah atau gula darah yang meningkat tidak hanya dialami oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes saja. Namun orang yang sehat, termasuk Anda juga bisa saja mengalaminya. Meskipun memang pada dasarnya orang yang mengalami gejala gula darah tinggi sebagian besar telah terdiagnosis penyakit diabetes melitus ataupun pra-diabetes.

Kadar gula darah puasa yang normal adalah dibawah 108 mg/dl, gula darah jam postprandial (GD2PP) normal adalah dibawah 140 mg/dl, gula darah sewaktu (GDS) yang normal adalah dibawah 200 mg/dl, dan hemoglobin A1c (HbA1c) yang normal adalah dibawah 42 mmol/mol (6%). Sedangkan apabila kadar gula melebihi batas tersebut, maka Anda mungkin berada dalam kondisi pra-diabetes ataupun mengidap diabetes.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gula darahnya sedang naik. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda gula darah meningkat, sebagaimana yang disebutkan dibawah ini :

  • Mudah Lelah

Gula merupakan sumber energi di dalam tubuh. Meskipun begitu, Anda harus tetap membatasi asupan gula di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena, jika gula darah di dalam tubuh meningkat, maka tidak dapat diolah dengan baik, serta mengganggu fungsi insulin, sehingga tubuh pun pada akhirnya akan kekurangan energi. Kondisi tersebut lah yang membuat tubuh Anda menjadi mudah lelah.

Baca Juga : Tanda Gula Darah Rendah

  • Mudah haus tetapi Sering Buang Air Kecil

Pernahkan Anda merasa haus meski telah minum banyak air? Hati-Hati! Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda gula darah Anda sedang naik. Pasalnya, ketka gula darah naik fungsi ginjal menjadi terganggu sesaat setelah tubuh Anda tak mampu mengendaikan kadar gula darah. Cairan yang seharusnya diserap oleh ginjal, justru malah keluar bersama gula. Kondisi ini lah yang membuat tubuh Anda kekurangan cairan sekaligus sering buang air kecil.

  • Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia merupakan salah satu tanda gula darah Anda meningkat. Hal tersebut disebabkan karena, kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kelenjar air liur terganggu, sehingga tidak dapat menghasilkan air liur secara normal. Gejala seperti ini juga dapat disertai dengan rasa nyeri dan sakit pada gigi dan gusi.

  • Pengihatan Menjadi Kabur

Selain mulut kering, meningkatnya kadar gula darah ternyata juga dapat menyebabkan penglihatan Anda terganggu. Pasalnya, ketika kadar gula darah meningkat tubuh tak mampu menghasilkan energi yang seharusnya digunakan sebagai bahan bakar seluruh jaringan tubuh, termasuk sistem saraf. Dalam kasus ini, jaringan saraf pada indera penglihatan Anda juga dapat terganggu, sehingga penglihatan Andamenjadi kabur atau buram.

Obat Kista Terampuh dengan Harga Diskon Hingga 15%