Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

0
30

Seputarherbal.com – Nyeri sendi merupakan salah satu kondisi yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab sendi mengalami gejala berupa nyeri, kaku, dan radang pada sendi adalah asam urat. Asam urat sendiri sering kali menyerang bagian kaki dan akan sangat mengganggu apabila kambuh. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan asam urat tanpa obat? Simak ulasan berikut.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan asam urat di kaki, tangan dan bagian lainnya secara alami, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh seperti apa itu asam urat dan gejala apa saja yang dapat terjadi akibat masalah kesehatan yang satu ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa asam urat sendiri adalah zat kimia yang dibuat ketika tubuh memecah sebuah zat yang disebut purin. Purin adalah zat dapat ditemukan dalam makanan yang mungkin biasa Anda konsumsi shari-hari, seperti daging berlemak, daging merah, jeroan, seafood, dan lain-lain.

Asam urat (gout) juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan rasa nyeri pada bagian sendi. Namun Anda jangan salah paham, sebab asam urat tidak hanya menyerang mereka yang lanjut usia (lansia) melainkan dapat terjadi pada remaja tanpa memandang umur. Meski penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara keseluruhan, namun dapat dikendalikan agar tidak kambuh.

Penyebab utama dari terjadinya asam urat adalah, akibat adanya penumpukan atau mengkristalnya zat purin dibagian sendi. Kondisi ini dapat membuat otot menjadi tegang, pegal, ngilu, hingga dapat berujung pada gangguan ginjal. Makanan yang memiliki kandungan purin tinggi menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada beberapa bagian tubuh yang sering terserang asam urat, di antaranya adalah kaki, lutut, tangan, dan jari-jari, yang disebabkan karena kristal asam urat menumpuk pada sendi.

Gejala Asam Urat pada Kaki

Asam urat bukanlah kondisi yang dapat dianggap sepele, apalagi jika kondisi ini sering terjadi pada kaki dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Sebab kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi jika sudah parah. Agar dapat terhindar dari penyakit asam urat tinggi, ada baiknya jika Anda mengenali gejala penyakit asam urat pada kaki sejak dini agar dapat mengatasinya dengan cepat, yaitu :

  1. Sakit di jempol kaki

Asam urat sering kali menyerang bagian jari kaki, terutama jempol. Rasa sakit di jempol kaki ini merupakan gejala asam urat yang paling menonjol dan sering dialami oleh penderitanya. Gejala yang satu ini juga kerap disebut podagran. Sementara itu, rasa sakit ini biasanya akan hilang setelah beberapa jam atau beberapa hari.

2. Pembengkakan

Jempol kaki juga merupakan bagian yang menyimpan kelebihan asam urat yang menumpuk. Kondisi ini pada akhirnya dapat membuat tubuh bereaksi, sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada jempol kaki. Pembengkakan ini juga dapat meluas ke bagian betis dan lutut. Tak jarang pembengkakan yang terjadi membuatnya terasa sakit ketika disentuh.

3. Kemerahan

Penderita asam urat pada kaki umumnya mengalami pembengkakan pada bagian jempol dantelapak kaki. Hal ini menyebabkan warna kulit di sekitarnya berubah menjadi merah atau bahkan keunguan.

4. Nyeri tekan berkelanjutan

Ketika rasa nyeri di awal gejala asam urat menghilang, umumnya penderita juga mengalami nyeri tekan yang berkelanjutan pada bagian jempol kaki, yakni tempat di mana asam urat menumpuk.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mencegah dan mengobati gejala asam urat yang di alami tanpa obat :

  1. Daun sambiloto

Daun sambiloto memang dikenal memiliki citarasa yang pahit, tetapi daun ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali asam urat. Hal ini disebabkan karena daun sambiloto memiliki banyak kandungan zat kimi, seperti flavonoid, kalsium, kalium, dan natrium yang bagus untuk mencegah dan mengatasi gejala asam urat.

  1. Daun salam

Selain dapat menambah aroma dan cita rasa pada masakan, daun sambiloto juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada pada daun salam yang sangat baik untuk penderita asam urat.

  1. Jahe merah

Jahe merah dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki sifat anti peradangan. Oleh karena itu, jahe merah dipercaya dapat meredakan peradangan pada sendi serta menetralisir tumpukan asam urat di dalam tubuh dengan memperlancar sirkulasi darah.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing juga menjadi salah satu tanman yang bermanfaat untuk penderita asam urat. Hal ini disebabkan karena kumis kucing memiliki sifat diuretik yang juga dapat membantu membuang asam urat berlebih melalui urin. Untuk memanfaatkan tanaman ini, Anda dapat merebus daun kucing dan meminumnya secara rutin.

Mengobati Asam Urat dengan Obat Herbal

Anda juga dapat mengatasi asam urat yang dialami dengan mengonsumsi obat-obatan yang dijual di apotik, yang tentunya harus sesuai dengan anjuran dokter. Namun, bagi Ana yang ingin mengatasi asam urat dengan obat herbal, maka Andadapat mengonsumsi obat herbal RHEUMAPAS yang terbukti ampuh dalam mengatasi asam urat.

Rheumapas merupakan obat herbal asam urat yang manjur dan terbuat dari bahan alami berkualitas. Obat herbal ini memanfaatkan Andrographis paniculata atau yang lebih dikenal dengan tanaman sambiloto, yang mana secara turun temurun digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan asam urat.

Obat asam urat Rheumapas juga memiliki fungsi membersihkan racun yang ada di dalam tubuh, menstabilkan aktivitas ginjal, melancarkan pembuangan asam urat, serta memperbaiki sistem dan organ tubuh yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Selain mengonsumsi berbagai macam tanaman dan obat herbal di atas, ada baiknya penderita asam urat untuk memperbanyak konsumsi air putih dan olahraga secara teratur. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah dan meringankan gejala ketika asam urat kambuh.

Jika Anda tertarik dengan obat herbal asam urat Rheumapas, silahkan kunjungi situs resminya disini.

Baca Juga : Tanaman Untuk Atasi Penyakit Asam Urat