Home Kesehatan Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

0
11

Seputarherbal.com – Setiap orang pastiya pernah mengalami yang namanya sakit gigi, setidaknya sekali seumur hidup. Sakit gigi merupakan hal yang sangat menyebalkan, karena kerap membuat pengidapnya susah makan, susah tidur, ngilu, sakit kepala, hingga badan meriang karena demam. Hal tersebut menyebabkan Anda tidak dapat berobat langsung ke dokter, karena kondisi badan yang masih sakit. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengatahui cara mengobati sakit gigi sendiri di rumah, selagi menunggu jadwal konsultasi Anad dengan dokter.

Nah, berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi di rumah secara mandiri :

  • Berkumur dengan Air Garam

Sudah bkan rahasia lagi, bahwa berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara efektif dan ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Apapun penyebab sakit giginya, berkumur dengan air garam dapat dijadikan solusi. Pasalnya, garam dapat memabantu menyerap kelembapan di dalam mulut yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Baca Juga : Jarang Diperhatikan, Inilah Cara Menggosok Gigi yang Benar

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam kedalam satu gelas air hangat (sekitar 240-250 ml). Setelah itu, kumur dalam mulut sekitar 30 detik dan konsentrasikan pada bagian gigi yang sakit atau ngilu. Kemudian, buang bekas air kumur.

Akan lebih baik jika Anda melakukan flossing gigi terlebih dahulu sebelum berkumur dengan air garam, untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

  • Kunyah Bawang Mentah

Jika rasa ngilu di gigi tidak seberapa, mungkin cara yang satu ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan sakit gigi. Yap! Bawang merah atau bawang putih merupakan obat alami untuk mengatasi sakit gigi, yang mungkin belum banyak orang ketahui. Kedua jenis bawang ini memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu membunuh kumanpenyebab sakit gigi, sekaligus mengendalikan rasa nyeri. Caranya, adalah dengan mengunyah atau mengompreskan bawang pada gigi yang terasa ngilu.

  • Berkumur dengan Cuka

Selain air garam, berkumur dengan cuka juga dapat Anda jadikan solusi untuk mengatasi sakit gigi. Cuka dapur atau cuka apel memiliki kandungan dan sifat antibakteri dan antimikroba yang mampu memberantas kuman penyebab sakit gigi.

Namun perlu Anda ingat, jangan sampai Anda berkumur dengan cuka murni, sebab asam dari cuka dapat merusak lapisan enamel gigi jika terpapar secara langsung. Maka dari itu, gunakan setengah sendok teh cuka dan larutkankedalam air hangat. Kemudian berkumurlah seperti berkumur dengan air garam.

Obat HERBAL Kanker Kandungan TANPA OPERASI