Cara Mengobati Benjolan Di Tulang Ekor

0
108
cara mengobati benjolan di tulang ekor

Pernahkah anda mendapati adanya benolan benjolan di lipatan bokong atau dekat tulang ekor? Benjolan ini disebut kista pilonidal. Isi dari benjolan ini adalah serpihan dari folikel rambut  atau kulit. Apakah kondisi ini membahayakan? Dan bagaimana cara mengobati benjolan di tulang ekor ini? Berikut ulasannya !

Kista pilonidal jarang terjadi dan jika ditemui biasanya lebih sering ditemui pada pria muda, apalagi jika sering duduk lama. Benjolan ini terbentuk dari rambut yang tidak tumbuh kea rah luar sehingga membentuk kista. Benjolan di lipatan bokong ini menimbulkan rasa nyeri dan jika terinfeksi dapat menyebabkan komplikasi. Cara mengobati benjolan di tulang ekor ini bisa anda lakukan sendiri dirumah, berikut caranya :

  • Kompres hangat pada area benjolan atau anda juga bisa dengan berendam air hangat.
  • Konsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri.
  • Pastikan kista selalu dalam keadaan bersih dan kering.
  • Beri alas tempat duduk yang keras menggunakan bahannyang lebih empuk.
  • Oleskan minyak esensial pada benjolan.
  • Hindari untuk menekan atau memencet benjolan.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Anda dapat melakukan perawatan seperti cara diatas untuk mengatasinya. Namun, jika kista tidak mengecil atau bahkan semakin membesar sebaiknya konsultasikan pada dokter. Dokter biasanya melakukan pemeriksaan lebih spesifik untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Jika terdapat tanda infeksi, biasanya dokter akan melakukan prosedur operasi kecil. Hal ini bertujuan untuk untuk mengeluarkan rambut dan nanah pada benjolan. Pada proses pemulihan dokter juga biasanya menyarankan pasien untuk menjaga kebersihan daerah luka operasi.

.https://lingshenyao.id/pencegahan-endometriosis/