Cara Untuk Mengobati Batuk

0
289

cara mengobati batukCara Mengobati Batuk

Seputarherbal.com – Batuk terjadi ketika terdapat ganggungan dari luar yang melalui saluran nafas sehingga mengakibatkan sistem pertahanan saluran nafas merespon secara alami. Batuk bukanlah penyakit yang serius , pada umumnya akan sembuh dalam waktu paling lama 3 minggu.

Batuk di bedakan menjadi dua yaitu, batuk kering dan batuk berdahak. Perbedaan nya hanya dari produksi lender yang keluar , jika mengalami batuk berdahak pasti akan disertai lender di sekitar tenggorokan.

Baca Juga : Cara meningkatkan daya tahan tubuh

Batuk kering biasanya ditandai rasa gatal pada tenggorokan dan terjadi pada tahap akhir pilek. Sedangkan batuk berdahak justru bagus untuk mengeluarkan dahak atau lender yang berasal dari tenggorokan maupun paru-paru.

Berikut adalah tips cara mengobati batuk yang mudah untuk anda coba dirumah :

Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air panas bisa meredakan batuk karena dengan uap yang terkumpul dari air panas akan melancarkan hidung yang tersumbat.

Kompres dengan Air Hangat

Celupkan lah handuk kedalam air hangat lalu usapkanlah kebagian muka, Dengan terhirupnya uap hangat yang keluar dari handuk dapat menghilangkan dahak yang menyumbat di tenggorokan.

Memakai Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih selain untuk menghangatkan badan juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan lender yang mengganggu di sekitar tenggorokan. Oleskan kayu putih ke sekitar leher sehingga ketika batuk dahak akan keluar dengan lancar. Rasa yang hangat juga dapat menghilangkan rasa gatal saat mengalami batuk berdahak,

Jahe, Madu dan Lemon

Tradisi masayarakat dulu sering menggunakan jahe untuk mengobati batuk, karena jahe mengandung antihistamin dan dekongestan. Cara penyajiannya cukup dengan 10 irisan jahe dan 2 gelas air putih, godog selama 20 menit, lalu tambahkan madu dan lemon.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak bagi kesehatan

Berkumur dengan Air Garam

Air garam bisa digunakan untuk mengobati batuk. Air garam juga dapat dapat meredakan radang tenggorokan dan membunuh kuman penyebab batuk. Campurkanlah 1 sdm garang dengan air hangat pada gelas, lalu kumur-kumur selama 1 menit sampai air pada gelas habis. Lakukanlah cara ini sekitar 4 kali sehari untuk membantu menghilangkan batuk dengan cepat.

 

Baca Juga : Jual Obat Kista , Penyembuhan kista tanpa harus melakukan operasi

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here