Antisipasi Penyakit Leukimia Sejak Dini

0
29

Seputarherbal.com – Kanker darah, seperti leukimia merupakan suatu pennyakit berbahaya yang terjadi ketika sel-sel yang tidak normal membelah secara tidak terkendali. Hal tersebut akan mengganggu fungsi normal dari sel-sel darah. Pembentukan sel kanker tersebut diawali sejak sumsum tulang memproduksi sel-sel darah, sehingga penyakit kanker darah ini harus di brantas hingga ke akar-akarnya. Pengobatan kanker darah memang sangat rumit, tetapi Anda dapat menerapkan cara menghindari penyakit leukimia dari sekarang sebagai langkah antisipasi.

Untuk lebih jelasnya lagi, leukimia merupakan kanker darah dan sumsum tulang yang disebabkan oleh produksi sel-sel darah putih yang tidak normal. Meskipun jumlahnya sangat banyak, sel darah putih tidak mampu melawan infeksi, namun justru akan menghambat produksi sel darah merah dan juga trombosit.

Baca Juga : Beberapa Hal penyebab terjadinya Kanker

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit leukimia :

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Kunci utama untuk mencegah segala macam penyakit, termasuk leukimia adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari. Anda perlu mengurangi konsumsi makanan cepat saji, makanan yang melalui proses penggorengan, serta menghindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Sebagai gantinya, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran, serta makanan bernutrisi lainnya. Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga dapat membantu mengurangi kadar lemak jenuh di dalam tubuh yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

  • Hindari Makanan yang Mengandung zat Karsinogenik

Zat karsinogenik memiliki sifat yang dapat menyebabkan kanker. Zat tersebut biasanya berasal dari makanan yang diproses dengan cara digoreng, dibakar, atau ditumis. Sebaiknya konsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kadar antioksidan tinggi, seperi tempe, tomat, wortel, brokoli, kol, jambu biji, yogurt, kacang-kacangaan, bawang putih dan ikan laut. Antioksidan dapat membantu tubuh Anda untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

  • Olahraga Secara Teratur

Selain menjaga pola makan, olahraga secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam melakukan upaya pencegahan kanker darah. Anda dapat melakukan kegiatan olahraga minimal 30 menit dalam sehari secara rutin. Dengan berolahraga, racun-racun dan zat radikal bebas di dalam tubuh akan keluar lewat keringat. Oleh sebab itu, olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kebugaran tubuh, akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh.

  • Jangan Merokok

Merokok tidak hanya akan membahayakan diri sendiri, namun juga berbahaya bagi orang-orang disekitar Anda. Pasalnya perokok pasif juga akan menghirup asap rokok dari perokok aktif. Zat-zat bahaya yang terdapat pada rokok dapat memudahkan sel kanker masuk kedalam tubuh Anda.

Harga Promo | Obat Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM