Home Kesehatan 4 Cara Mengatasi Gigitan Tungau di Kulit

4 Cara Mengatasi Gigitan Tungau di Kulit

0
101

Seputarherbal.com – Apa itu tungau? Tungau merupakan hewan kecil yang mirip dengan kutu, yang memiliki ukuran sekitar 0,5 mm, dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Tungau biasanya hinggap di kasur ataupun kamar yang kebersihannya kurang terjaga. Tungau yang biasanya berada di kasur adalah hewan sejenis microspider, dan berkembangbiak dengan cepat. Tungau kasur biasanya akan meninggalkan serpihan tubuhnya pada bagian bawah dan pinggiran kasur. Selain itu, tungau kasur juga mendapatkan makanan dengan menggigit kulit manusia yang mengelupas ketika tidur, sehingga tungau dapat hidup lama di kasur. Hal tersebut juga yang menyebabkan tungau dapat hidup berkelompok dalam jumlah yang banyak. Tak jarang, gigitan tungau di kulit manusia meninggalkan bekas. Dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan tungau di kulit. Simak penjelasan di bawah ini.

Berikut ini cara menghilangkan tungau di kulit :

  • Mandi Air Dingin

Meskipun banyak orang yang lebih suka mandi dengan air hangat, namun ternyata mandi air dingin dapat membantu menurangi peradangan akibat gigitan tungau di kulit. Dengan mandi air dingin, rasa gatal akibat gigitan tungau pun akan berkurang. Pertama-tama usapkan sabun ke seluruh bagian tubuh Anda untuk menyingkirkan tungau serta sisa enzim pencernaan yang mungkin masih menempel di kulit, kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga : Cara Diet Alami dan Sehat

  • Gunakan Losion Kalamin

Untuk meredakan rasa gatal akibat gigtan tungau, Anda juga dapat menggunakan losion kalamin. Pertama-tama, kocok botol losion kalamin, kemudian tuangkan sekitar sesendok losion kalamin ke permukaan kapas. Setelah itu, usapkan kapas tersebut ke bagian tubuh yang terserang gigitan, lalu biarkan hingga mengering. Namun perlu Anda ingat, bahwa penggunaan losion kalamin untuk anak dibawah 12 tahun dan Ibu hamil, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  • Gunakan Krim Hidrokortison

Selain lotion kalamin, Anda juga dapat menggunakan krim hidrokortison untuk meredakan gatal akibat gigitan tungau. Anda dapat menggunakan krim hidrokortison 1% tanpa perlu resep dokter. Aplikasikan krim ini pada bagian yang terkena gigitan tungau saja. Gunakan krim ini secukupnya dan hindari area kulit di sekitarnya. Untuk anak dibawah 12 tahun dan Ibu hamil, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan krim ini.

  • Minum Antihistamin

Anda dapat minum antihistamin untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan yang terjadi akibat gigitan tungau. Obat ini berfungsi untuk mengurangi reaksi tubuh terhadap gigitan tungau, sehinggarasa gatal dan pembengkakkan yang terjadi akan mereda secara perlahan. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menenggunakan antihistamin, terutama jika Anda tengah menggunakan obat lain.

Mengalami 3 Hal Ini Bisa Jadi Itu Gejala Kanker Serviks