Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makanan Tertentu

0
262

Seputarherbal.com – Mengatasi bau mulut setelah makan biasanya sukup dengan berkumur dengan obat kumur ataupun menyikat gigi. Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika bau mulut yang Anda alami disebabkan oleh konsumsi bawang putih, bawang merah, bawang bombay, pete, atau jengkol. Pasalnya, meskipun sudah berkumur dengan obot kumur atau menyikat gigi, bau mulut tidak lantas hilang begitu saja. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan bau mulut setelah makan bawang-bawangan maupun jengkol dan pete.

Bawang-bawangan pada dasarnya dapat mengahsilkan sulfoksida sistei, yang memberikan rasa dan bau yang berbeda. Senyawa tersebut sangat mirip dengan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Selain bawang-bawangan, Anda pasti sudah hapal bahwa jengkol juga merupakan salah satu makanan yang memiliki aroma menyengat. Berikut ini cara yang tepat untuk menghilangkan bau mulut akibat makanan-makanan tersebut :

  • Minum Susu

Susu merupakan minuman yang memiliki sifat menetralkan. Maka dari itu, dengan meminum segelas susu setelah mengonsumsi jengkol, pete, atau makanan yang mengandung bawang, dapat membantu mengusir bau mulut akibat makanan-makanan tersebut. Anda dapat mengonsumsi susu biasa maupun susu rendah lemak untuk mengurangi sulfur penyebab bau mulut pada bawang putih atau membuat jengkol tidak berefek terhadap bau mulut.

  • Minum Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Teh hijau juga memiliki enzim dan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan bau mulu akibat mengonsumsi makanan yang mengandung bawang. Kandungan polyphenols pada bawang juga dapat membantu menetralisir bau mulut akibat mengonsumsi makanan berbau , seperti jengkol dan pete. Anda dapat mengonsumsi teh hijau, setelah atau saat mengonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan bau mulut.

  • Minum Kopi

Kopi memiliki rasa dan aroma yang kuat. Bubuk kopi ternyata juga dapat membantu menetralisir aroma-aroma tidak sedap seperti aroma jengkol dan bawang pada mulut. Anda dapat mengunyah biji kopi secara langsung, maupun menyeduh biji kopi menjadi minuman. Namun, sebaiknya Anda tidak menambahkan gula jika ingin menyeduh kopi.

Baca Juga : Penyebab Bau Kaki Setelah Memakai Sepatu

  • Makan Buah Apel

Apel memiliki rasa yang nikmat dan segar. Maka dari itu, buah yang satu ini dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan bau bawang pada mulut. Namun, sebaiknya Anda mengonsumsi apel secara langsung tanpa mendiamkannya hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Anda dapat mengonsumsi buah ini setelah mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut.

  • Makan Mentimun

Mentimun memiliki banyak kandungan air didalamnya. Hal ini dapat membantu menyegarkan mulut setelah mengonsumsi makanan seperti jengkol dan pete. Pasalnya, mentimun memiliki fungsi yang mirip dengan mengatasai bau jengkol dengan minum banyak air putih.

Obat Kista Endometriosis: Untuk Wanita Agar Bisa Hamil