Cara Mudah untuk Mengatasi Wasir

0
338

Seputarherbal.com – Ambeien atau wasir merupakan suatu penyakit yang umum dialami. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah yang berada di bawah rektum dan anus mengalami pembengkakan akibat adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut. Untuk membantu menanganinya, simak berbagai cara mengatasi wasir berikut.

Penyakit wasir sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat buang air besar, mengangkat beban berat secara terus menerus, terlalu lama duduk, sembelit, kehamilan, hingga faktor genetik (keturunan).

Meskipun wasir bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun penyakit ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wasir dan meringankan keluhan yang dirasakan dengan mudah. Diantaranya adalah :

  • Pebanyak Asupan Cairan dalam Tubuh

Untuk mengobati ambeien atau wasir, Anda perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih, guna membantu menjaga tinja agar tetap lunak, serta mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit. Selian itu, Anda juga harus menghindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, karena dapat menyebabkan penyakit wasir yang Anda alami bertambah parah.

Baca Juga : Penyebab Ambeien

  • Konsumsi Makanan Berserat

Selain banyak mengonsumsi air putih, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat juga dapat membantu mengatasi wasir. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi dalam makanan dapat membantu membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mengejan terlalu kuat saat buang air besar dapat menyebabkan dan memperparah wasir. Makanan yang merupakan sumber serat yang baik adalah, bijii-bijian atau gandum utuh, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

  • Jangan Tunda Buang Air Besar

Banyak orang yang menderita wasir akibat terlalu sering menunda buang air besar. Padahal menunda buang air besar dapat menyebabkan tinja menjadi keras dan kering, sehingga Anda harus mengejan lebih kuat untuk mengeluarkannya. Maka dari itu, segeralah ke kamar mandi apabila Anda merasa ingin buang air besar.

  • Menjaga Kebersihan Anus

Membersihkan anus juga merupakan tahap penting yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi wasir. Anda dianjurkan untuk membersihkan kulit di seitar anus secara rutin. Anda juga dapat menggunakan handuk kecil dan kapas basah untuk membersihkan kulit di sekitar anus. Hindari penggunaan sabun pembersih yang mengandung pewangi agar tidak terjadi iritasi.

Obat Kanker Tanpa Operasi | Beli Online Via Tokopedia