Keseringan Buang Air Kecil? Berikut Cara Mengatasinya

0
21

Seputarherbal.com – Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil. Seringnya buang air kecil merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan karena banyaknya asupan cairan ke dalam tubuh atau karena kondisi medis tertentu, yang tidak bisa dianggap sepele. Normalnya, dalam sehari buang air kecil hanya terjadi sebanyak 4 sampai 8 kali atau sekitar 1 hingga 1,8 liter. Namun, banyak orang yang bisa buang air melebih batas normal tersebut. Bahkan terbangun hingga berkali-kali di tengah malam hanya untuk buang air kecil.

Buang air kecil di tengah malam dapat disebabkan karena minum air ketika mendekati jam tidur. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu waktu dan juga kualitas tidur Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ini cara mengatasi sering buang air kecil yang dapat Anda coba :

Baca Juga : Sering Buang Air Kecil saat Hamil Muda? Lakukan Cara Ini!

  • Batasi Minum Air Putih Sebelum Tidur

Minum air putih sebelum tidur memang diperlukan untuk mencegah rasa haus di malam hari. Akan tetapi, jika Anda meminum air putih terlalu banyak, maka akan menyebabkan Anda sering buang air kecil di malam hari. Minumlah air putih beberapa jam sebelum tidur sebanyak 2 gelas, agar air tersebut dapat diproses di dalam tubuh sebelum pada akhirnya menuju kandung kemih.

  • Mengontrol Kadar Lemak Didalam Tubuh

Agar tidak sering buang air kecil, Anda perlu mengendalikan kadar lemak di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena, semakin banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh, maka semakin besar bobot yang menekan kandung kemih. Tekanan pada kandung kemih dapat menimbulkan gangguan yang cukup besar, salah satunya membuat Anda sering buang air kecil meskipun isi kandung kemih belum penuh. Anda dapat mengatur pola makan atau menjalani diet, dan olahraga secara rutin agar lemak tidak menumpuk di dalam tubuh.

  • Hindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat menekan fungsi hormon antidiuretik (ADH) yang dapat menghambat produksi urin, sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Selain itu, konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan cokelat juga dapat membuat Anda sering buang air kecil dan menyebabkan iritasi kandung kemih. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi minuman-minuman tersebut agar tidak harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

  • Melakukan Senam Kegel

Selanjutnya, cara untuk mengatasi keseringan buang air kecil atau beser adalah dengan melakukan senam kegel. Senam kegel dilakukan dengan cara mengencangkan otot panggul bawah, seperti saat menahan buang air kecil selama 5 detik. Gerakan senam ini dapat melatih Anda untuk mengencangkan serta mengendurkan otot-otot kandung kemih yang terlalu aktif. Jika Anda melakukan senam ini secara rutin, maka intensitas Anda untuk buang air kecil akan berkurang.

Obat Herbal Ampuh Sembuhkan 4 Ciri Kanker Payudara