Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Menahan Kencing

0
37

Seputarherbal.com – Cara Mengatasi Sakit Perut karena Menahan Kencing. Sakit perut yang terjadi akibat menahan kencing dapat menyebabkan infeksi saluran kemih atau yang biasa disebut dengan urinary tract infection. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri (yaitu bakteri E. Coli). Bakteri E. Coli biasanya berada di usus besar, namun pada kasus infeksi saluran kemih, bakteri tersebu menyebar ke saluran kencing sehingga menyebabkan infeksi. Kondisi tersebut lebih banyak terjadi pada wanita, sedangkan pria cenderung lebih kebal. Tak jarang infeksi ini membuat perut Anda terasa sakit. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatasi sakit perut akibat infeksi saluran kemih. Simak ulasan dibawah ini.

Berikut ini, cara untuk mengatasi infeksi saluran kemih secara alami :

  • Jangan Menahan buang Air Kecil

Jika Anda sudah pernah merasakan sakit perut akibat menahan buang air kecil, maka jangan pernah lagi mencoba untuk menahan kecing. Hal tersebut disebabkan karena, seringnya menahan buang air kecil akan membuat bakteri semakin menumpuk dan berkembang di dalam kandung kemih Anda, sehingga menyebabkan infeksi. Selain itu, yang perlu Anda ketahui adalah, setelah melakukan hubungan intim, maka Anda harus buang air kecil. Hal tersebut dilakukan agar bakteri yang masuk kedalam saluran kemih berkurang, sehingga risiko infeksi saluran kemih pun berkurang.

Baca Juga : Sering Buang Air Kecil saat Hamil Muda? Lakukan Cara Ini!

  • Kompres dengan Sesuatu yang Panas

Anda dapat menggunakan bantal kompres panas untuk meredakan sakit perut akibat infeksi saluran kemih. Akan tetapi, jangan biarkan bantalan panas tersebut menyentuh kulit secara langung, gunakan kain sebagai penghalang antara kulit dan bantal panas tersebut. Kompres area kandung kemih dalam waktu 15 menit untuk menghindari rasa terbakar.

  • Konsumsi Vitamin C

Selain jeruk, Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan lainnya, seperti apel atau tomat. Vitamin C dapat membuat urin Anda menjadi asam, dan hal tersebut tentunya baik untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

  • Jaga Kebersihan Area Kandung Kemih

Infeksi saluran kemih juga kerap disebabkan karena cara membersihkan vagina yang salah. Sebaiknya Anda tidak menggunakan sabun pembersih kewanitaan untuk membersihkan vagina, dan bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, lalu keringkan dengan handuk atau tisu secara lembut. Hal tersebut bertujuan agar kuman tidak berpindah ke saluran kemih.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian yang berbahan nyaman dan longgar. Hal tersebut diperlukan agar kulit bisa bernapas dan tidak terasa lembap, sehingga bakteri yang hinggap pun berkurang.

Harga Diskon Hingga 15% | Obat Tumor Teregistrasi BPOM