Home Kesehatan Tips Mengatasi Radang Amandel secara Medis dan Alami

Tips Mengatasi Radang Amandel secara Medis dan Alami

0
7

Seputarherbal.com – Cara Mengatasi Radang Amandel. Radang amandel (tonsilitis) merupakan peradangan dan pembengkakan pada amandel yangyang terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini juga dapat menular dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya radang amandel segera diatasi sebelum pada akhirnya menular kepada orang lain.

Amandel sendiri adalah garis depan pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Hal inlah yang menyebabkan amandel rentan mengalami pembengkakan dan menyebabkan bibit penyakit akan lebih mudah menyerang melalui mulut, tenggorokan, paru-paru, dan organ tubuh lainnya. Jika radang amandel yang dialami bertambah parah, maka Anda harus segera menganganinya.

Pengobatan Radang Amandel Medis

Berikut ini beberapa obat medis yang dapat membantu meredakan radang amandel :

  • Antibiotik

Antibiotik merupakan obat yang dibutuhkan apabila radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis antibiotik yang paling sering dibutuhkan untuk kondisi ini adalah penisilin. Biasanya, antibiotik ini harus dikonsumsi selama 10 hari. Namun, jika Anda mengalami efek samping seperti alergi setelah menggunakan antibiotik ini, maka segera hentikan penggunaannya dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Antibiotik sendiri dikonsumsi untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri dan komplikasi, seperti demam rematik. Kondisi ini dapar menyebabkan terjadinya peradangan pada organ hati, sistem saraf, kulit, dan sendi.

  • Ibuprofen dan Paracetamol

Jika antibiotik digunakan untuk mengobati radang amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Maka, ibuprofen dan paracetamol digunakan untuk mengobati radang amandel yang disebabkan oleh infeksi virus. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala, seperti peradangan, nyeri, dan pembengkakan amandel. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan ibuprofen dan paracetamol.

Pengobatan Radang Amandel Alami

Selain dengan pengobatan medis, radang amandel juga dapat diatasi secara alami dengan cara sebagai berikut :

  • Berkumur dengan Air Garam

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi radang amandel secara alami adalah berkumur dengan air garam. Ada baiknya juka Anda berkumur dengan air hangat. Garam sendiri berperan sebagai antiseptik alami yang membantu mengurangi peradangan yang terjadi dengan cara membasmi virus dan bakteri penyebab terjadinya peradangan. Sementara itu, air panas memiliki efek menenangkan dan mengurangi rasa sakit pada amandel yang mengalami peradangan.

Baca Juga : Cara Alami untuk Mengatasi Radang Amandel

  • Teh dan Madu

Madu merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat dalam mengatasi radang amandel. Hal ini disebabkan karena madu memiliki senyawa antibakteri yang kuat untuk melawan infeksi yang menyebabkan peradangan. Sementara itu, minuman hangat (seperti teh) dapat membantu meringankan rasa sakit akibat amandel yang meradangan dan membengkak. Kombinasi teh hangat dan madu dapat menjadi obat radang amandel alami yang membuat tenggorokan Anda lebih nayaman serta dapat mencegah terjadinya infeksi.

Obat CINA Kanker Terbaik di Dunia