Penyebab otak beku dan cara mengatasinya

0
177
cara mengatasi otak beku

Cara Mengatasi otak beku

Seputarherbal.com anda pasti pernah mendengar ungkapan “ otak beku”. Istilah atau ini memang sering digunakan apabila seseorang sedang mengerjakan suatu pekerjaan , namun secara tiba-tiba tidak ada ide yang keluar atau sulit memikirkannya, sehingga pekerjaan menjadi macet. Kondisi seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang merokok, yang harus mengerjakan tugas atau hal lainnya, namun ketika mereka mengerjakan tugas tersebut mereka tidak bisa merokok. Dan otak menjadi beku atau tidak bisa berfikir dan ide jadi macet.

Apa yang dimaksud dengan otak beku ? istilah otak beku dikenal secara medis. Namun tidak mengacu pada “ketidak bisaan berfikir atau macetnya ide” seperti hal di atas.

Kondisi Otak beku atau sering disebut dengan ‘ice cream headache‘ adalah sebuah kondisi di mana tubuh dan juga kepala menjadi terasa seperti ditikam dan merasakan sakit ketika mengkonsumsi sesuatu yang dingin.

Penyebab otak beku

Kondisi otak beku disebabkan karena  terjadinya pelebaran pembuluh darah di bagian kepala secara mendadak. Hal ini dapat dipicu oleh saraf bagian mulut yang ‘kaget’ sehingga terjadi “bingung” ketika mengirimkan sinyal ke otak. Hal seperti ini biasa terjadi saat mulut mengkonsumsi makanan/minuman yang dingin, seperti es krim dan lain-lain.

Profesor Anne MacGregor, mengatakan : “Rangsangan dingin ini memicu aktivitas di saraf trigeminal yang berperan pada sensasi di wajah,” Sedangkan menurut studi yang dipublikasikan di British Medical Journal, mengkonsumsi es krim adlah salah satu penyebab sakit kepala yang terjadi cukup sering dibanding stres, hangover ataupun migrain.

Menurut para ahli lain, sensasi otak beku sering terjadi ketika es krim/minuman yang dingin menyentuh bagian langit-langit mulut atau tenggorokan paada bagian atas. Ketika makanan/minuman dingin menyentuh bagian langit-langit mulut secara tiba-tiba, saraf pun akan merespons juga memicu pembuluh darah di kepala menjadi melebar.

Pembesaran yang cepat dan tiba-tiba seperti ini yang menyebabkan kepala akan terasa sakit, seolah membeku atau berdenyut-denyut. Peningkatan pada aliran darah secara tiba-tiba ini bisa meningkatkan tekanan dalam tengkorak lalu menyebabkan rasa sakit yang berhubungan dengan otak beku atau sakit kepala lainnya.

Cara mengatasi otak beku

Menurut penjelasan Profesor Anne MacGregor, kondisi otak beku biasanya akan terjadi dalam beberapa detik saja. Dan hal ini sebenarnya tidak perlu membutuhkan sebuah perawatan khusus. Namun ketika mengalami gejala seperti ini sebelumnya, saat mengkonsumsi es krim atau makanan /minuman dingin lainnya sangat disarankan untuk melakukannya secara perlahan.

Cara lain yang dapat dilcoba  yaitu dengan menempelkan lidah ke langit-langit mulut, berguna menghangatkan bagian tersebut. Energi panas yang diberikan akan ikut menghangatkan saraf yang menyebabkan otak menjadi beku. Tekan langit-langit mulut dengan lidah sampai sensasi otak beku benar-benar hilang.

Jika Anda merasakan sensasi otak beku atau sakit kepala lainnya melebiihi dari lima menit, dan terjadi secara terus-menerus atau berulang, sebaiknya Anda berkonsultasi menghubungi ke dokter. Bisa jadi kondisi seperti itu disebabkan oleh masalah lain, bukan dari pengaruh es krim ataupun minuman dingin.

Untuk menghindari otak beku, Disarankan untuk makan es krim atau minuman dingin lainnya dengan cara perlahan. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dan menyikat gigi setelah makan yang dingin/ es krim. Tujuan utamanya yaitu agar sisa-sisa es krim tidak tertinggal dalam mulut dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista-medan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here