Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Maag Kambuh

0
25

Seputarherbal.com – Maag adalah kondisi yang sudah tidak asing lagi bagi setiap orang, kondisi ini bahkan bisa menyerang siapa saja yang tidak memperhatikan pola makan atau memiliki gaya hidup tidak sehat. Kondisi ini juga bisa kambuh kapan saja, bahkan di saat-saat yang tidak tepat, seperti saat bekerja atau saat Anda berada di tempat umum. Lantas, bagaimana cara mengatasi maag kambuh?

Mengenal Penyakit Maag

Maag merupakan gangguan kesehatan yang terjadi di bagian lambung. Dalam dunia medis, kondisi ini biasa disebut dyspepsia. Maag adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering ditemui pada masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, banyak orang yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih penyebab datangnya penyakit ini? Dan bagaimana penyembuhan maag yang tepat? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Penderita maag sering kali merasakan nyeri yang sangat mengganggu pada bagian ulu hati atau perut bagian atas. Meski sakit maag yang Anda alami tidak kronis dan berbahaya, kalau dibiarkan terus-menerus juga dapat mempengaruhi kualitas hidup dari Anda sehari-hari.

Pada dasarnya, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Oleh sebab itu, kenalilah gejala, penyebab dan cara mengatasi maag agar Anda bisa mencegah penyakit ini menyerang tubuh Anda atau dapat segera mengatasinya jika Anda cukup sering mengalami gangguan kesehatan yang satu ini.

Gejala

Jika Anda mengalami gejala-gejala inipada  bagian perut, bisa jadi merupakan suatu tanda bahwa Anda mengalami penyakit maag.

  • Sering bersendawa
  • Muncul rasa nyeri pada bagian perut atas
  • Rasa terbakar di bagian dada(heartburn)
  • Merasa cepat kenyang ketika makan
  • Perut terasa penuh dan kembung

Penyebab

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit maag :

1. Makanan pedas dan berlemak

Terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan yang pedas dan berlemak. Pasalnya, Jenis makanan yang memiliki banyak kandungan lemak, minyak dan cabai dapat menjadi faktor mengapa Anda terserang maag. Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut membuat produksi cairan asam lambung meningkat.
Apalagi, jika Andamudah mengalami gangguan pada pencernaan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Sebab, makanan yang berlemak dapat membuat pencernaan makanan pada tubuh jadi lambat.

2. Berbaring setelah makan

Berbaring setelah makan memang hal yang sangat nikmat untuk dilakukan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa langsung berbaring sesudah makan bisa menjadi penyebab timbulnya maag. Hal ini terjadi karena, makanan yang baru saja dikonsumsi membutuhkan waktu untuk sampai pada sistem pencernaan.
Jika Anda ingin berbaring, maka sebaiknya tunggu sekitar 2 sampai 3 jam setelah makandan usahakan untuk tidak makan saat mendekati waktu. Sebab, Tidur setelah makan dapat membuat asam lambung naik, dan menyebabkan penyakit maag kambuh.

3. Makan dalam porsi besardan terburu-buru

Beberapa menyantap makanannya dengan sangat cepat, terutama saat terburu-buru, tanpa memikirkan dampaknya bagi tubuh. Begitu juga dengan mengonsumsi makanan dealam porsi yang sangat besar. Kedua hal tersebut dapat meningkatkan asam lambung.
Sebaiknya, makanlah dalam porsi lebih kecil atau secukupnya, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering.

4. Efek samping obat

Tidak hanya akibat makananyang dikonsumsi, maag juga dapat menyerang tubuh akibat efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Contohnya, ketika seseorang mengonsumsi obat pereda nyeri atau non-steroid anti-inflamasi yang mengandung ibuprofen, naproxen dan aspirin. Kandungan tersebut dapat membuat dinding yang melapisi lambung menipis, sehingga dengan begitu lambung rentan terkena iritasi.
Beberapa jenis obat dengan kandungan yang dapat memicu sakit maag antara lain adalah obat penyakit tiroid, obat dengan kandungan nitrat, steroit, estrogen, dan obat kontrasepsi oral.

5. Alkohol dan rokok


Hal yang wajar apabila alkohol dan rokok juga menjadipemicu timbulnya berbagai macam penyakit, tak terkecuali Hal ini disebabkan karena, minuman dengan kandungan alkohol dapat membuat lapisan lambung terkikis dan iritasi perlahan-lahan. Dengan begitu, sistem pencernaan pun akan lebih rentan dengan tingginya produksi asam lambung di dalam tubuh.
Gangguan pencernaan lain yang dapat muncul ketika lapisan lambung terkikis adalah radang lambung atau gastritis, yang mana akan menjadi penyebab maag. Terlalu banyak minum minuman berkafein dan bersoda pun juga dapat memicu masalah pada sistem pencernaan.

Sementara itu, merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab maag. Pasalnya, dengan merokok, waktu pengosongan perut menjadi lebih lambat sehingga asam lambung pun meningkat.

Cara Mengatasi Maag Kambuh

Berikut ini adalah beberapa pengobatan untuk sakit maag:

  1. Jika maag disebabkan akibat penggunaan obat anti inflamasi non-steroid atau alkohol, maka disarankan untuk menghentikan penggunaan obat tersebut.
  2. Obat-obatan yang untuk mengurangi produksi asam, seperti nizatidine, rantinidine.
  3. Obat antibiotik, unuk maag yang disebabkan infeksi bahteri Pylori.
  4. Obat yang dapat menghambat produksi asam di lambung serta meningkatkan proses penyembuhan, misalnya esomeprazole, rabeprazole, pantoprazole.
  5. Antasida juga dapat digunakan untuk menetralkan asam lambungdi dalam tubuh.

Cara Mencegah Maag

Sebenarnya, maag yang kondisinya masih tergolong ringan dapat hilang sendirinya seiring berjalannya waktu. Sementara itu, maag yang sudah tergolong parah dapat diatasi dengan penggunaan obat antibiotik, antasida, dan antidepresan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan terapi untuk mencegah dan meringankan gejala maag, seperti relaksasi dan meditasi juga ampuh untuk menyembuhkan maag.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya maag :

  1. Menjaga berat badan ideal agar tetap sehat.
  2. Makan tepat waktu dan menghindari makan dimalam hari, tepatnya sebelum tidur.
  3. Jangan langsung berolahraga setelahmakan, karena kondisi perut yang masih penuh.
  4. Tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang berlemak, berminyak ataupun pedas. Secukupnya saja.
  5. Hindari jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan nyeri pada bagian lambung.
  6. Makan dengan perlahan dan tidak cepat-cepat.

Penting bagi kita semua untuk membiasakan pola hidup sehat, seperti makan tepat waktu dan berolahraga. Dengan begitu, tubuh pun akan tetap sehat sehingga penyakit seperti maag tidak akan menyerang tubuh kita. Meski terlihat sepele, nyeri yang dirasakan penderita maag juga luar biasa dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tentunya akan lebih baik jika Anda mulai menjaga pola makan dan gaya hidup. Sebab, maag adalah kondisi yang dapat menyerang siapa pun tanpa memandang usia. Umumnya, maag menyeang orang-orang di usia remaja , karena akitivitas yang padat dan pola makan yang tidak teratur.

Setelah mengetahui pengobatan dan pencegahan maag seperti yang telah dipaparkan di atas, maka Anda bisa dengan mudah melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, Anda harus selalu waspada jika gejala penyakit itu muncul, dengan segera melakukan penanganan. Salah satu obat yang terbukti khasiatnya adalah obat herbal kapsul Metama.

Metama merupakan obat herbal yang terpercaya untuk mengobati masalah maag kronis. Selain mengobati, Metama juga dapat dikonsumsi untuk pencegahan maag.

https://kapsulmetama.com/bahaya-maag-akut-yang-harus-diketahui/