Tips Mengatasi Kelelahan Berlebih

0
87

Seputarherbal.com – Badan capek atau kelelahan merupakan suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kelelahan bisa disebabkan karena aktifitas berlebih, kondisi psikologis maupun pola hidup yang salah. Meskipun begitu, faktor utama terjadinya kelelahan berlebih adalah adanya gabungan gangguan antara kesehatan fisik dengan mental. Hal tersebut seperti adanya tekanan kejiwaan dan penyakit tertentu yang terjadi pada seseorang. Untuk mengatasi kelelahan berlebih, tubuh tidak hanya memerlukan asupan nutrisi dan energi yang dihasilkan dari makanan saja, namun juga harus dapat membantu regenerasi sel otot dan otak. Maka dari itu dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara-cara mengatasi kelelahan berlebih dengan mudah.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Ketika tubuh mengalami kelelahan, maka kemungkinan Anda juga akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, penting untuk menjaga asupan cairan agar tubuh tidak mudah lelah. Dalam sehari, tubuh membutuhkan cairan setidaknya 8 gelas per hari. Namun jumlah tersebut tentu saja dapat berubah, yakni tergantung dengan kondisi fisik dan seberapa berat aktivitas yang Anda lakukan. Biasanya, semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka semakin banyak pula jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh.

  • Pola Makan yang Baik

Selain asupan cairan, makanan juga dapat mempengaruhi tingkat kelelahan seseorang. Makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan energi tubuh Anda. Namun, makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak tinggi, gorengan, atau minuman berkafein dapat membuat Anda mudah lelah dan merasa lemas.

Baca Juga : Benarkah Kelelahan saat Bekerja dapat Menyebabkan Kematian

  • Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat yang kurang juga bisa jadi penyebab utama Anda merasa kelelahan. Maka dari itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur yang cukup (jangan kurang dan jangan berlebihan juga). Selain itu, jadwal tidur yang sama setiap harinya juga dapat membantu dalam mencegah kelelahan. Jika Anda merasa ngantuk di siang hari, Anda dapat menggunakan waktu istirahat Anda untuk tidur dalam beberapa saat. Meskipun begitu, jika Anda memiliki masalah susah tidur, sebaiknya hindari konsumsi obat tidur tanpa anjuran dokter.

  • Aktif Bergerak

Badan lelah, bukan berarti Anda tidak boleh bergerak dengan aktif. Pasalnya, fisik yang bergerak aktif ketika mengalami kelelahan dapat meningkatkan level energi. Hal tersebut disebabkan karena, olahraga dapat meningkatkan semangat, kepercayaan diri, kualitas kesehatan, serta efektivitas dalam bekerja. Anda dapat melakukan gerakan ringan seperti  berjalan kaki selama 15 menit atau melakukan pekerjaan rumah yang membuat Anda bergerak untuk mengatasi kelelahan.

  • Mengendalikan Stres

Stres merupakan suatu kondisi yang dapat menyerang kapan saja. Maka dari itu, sebaiknya Anda memiliki cara untuk mengatasi kondisi tersebut. Anda dapat mengendalikan stres dengan melakukan meditasi, yoga, melakukan hal-hal yang Anda sukai, mendengarkan musik, dan lain-lain.

Kanker Serviks Stadium 1B | Begini Pengobatannya