Cara Jitu Mengatasi Kelebihan Tidur

0
24

Seputarherbal.com – Tidur merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk mengistirahatkan tubuhnya. Namun, tak jarang seseorang mengalami kurang tidur akibat gangguan tidur (insomnia) yang dideritanya. Namun tak hanya kurang tidur, kelebihan tidur (hipersomnia) pun merupakan masalah tidur yang tidak bisa diabaikan. Pasalnya, hal ini dapat membuat Anda sulit untuk dibangunkan, menyebabkan keterlambatan, hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi kelebihan tidur, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari. Jika Anda memiliki waktu tidur yang lebih, maka Anda termasuk sebagai hipersomnia. Cara yang paling mudah, agar bisa bangun tepat waktu adalah dengan tidur lebih cepat atau memiliki jam tidur yang teratur. Namun, tak jarang cara ini tidak berhasil dilakukan karena berbagai macam alasan.

Apabila cara di atas tidak cukup ampuh untuk Anda agar dapat terbangun di waktu yang tepat, maka beberapa cara di bawah ini dapat membantu. Diantaranya adalah :

  • Jangan Bergantung pada Alarm

Mungkin sulit bagi Anda untuk tidak bergantung pada alarm, terutama bagi Anda yang tinggal seorang diri. Meskipun begitu, mulailah melatih dan membiasakan diri agar bisa bangun tanpa adanya suara alarm. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat rutinitas teratur, membangun  tekad yang kuat untuk bangun pagi, dan menghindari tidur lewat tengah malam. Lama-kelamaan rutinitas ini akan menjadi kebiasaan, sehingga Anda tidak lagi kesulitan untuk bangun pagi.

Baca Juga : Efek Kurang Tidur dalam Jangka Panjang

  • Pilih Alarm tanpa Fitur Snooze

Jika Anda benar-benar tidak bisa hidup tanpa alarm, maka pilihlah alarm tanpa fitur snooze atau tidak bisa di tunda-tunda. Dengan begitu, suara alarm yang keras tidak bisa di hentikan maupun di tunda, sehingga mau tidak mau Anda harus bangun dari tidur Anda. Pasalnya, bunyi yang keras membuat sistem saraf kaget, sehingga dapat membuat Anda terjaga lebih cepat.

  • Letakkan Alarm Jauh dari Tempat Tidur

Meletakkan alarm di dekat tempat tidur akan memudahkan Anda untuk mematikan atau menunda alarm tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda meletakkan alarm jauh dari tempat tidur, sehingga Anda perlu bangkit dari tempat tidur untuk mematikan alarm tersebut. Cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda terbangun dipagi hari, sehingga tidak terlambat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Buat Jadwal Tidur yang Teratur

Terkadang setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Maka dari itu, agar tidak kurang atau kelebihan tidur, buatlah jadwal tidur yang teratur. Pasalnya, hal ini juga merupakan salah satu cara agar Anda dapat terbangun di waktu yang tepat secara teratur.

https://lingshenyao.id/obat-kista-bartholin/