Cara Mengatasi Gigi Ompong di Usia Muda

0
40

Seputarherbal.com – Cara Mengatasi Gigi Ompong Usia Muda. Gigi ompong merupakan suatu hal yang dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang, terutama bagi orang-orang di usia muda. Dari sekian banyak organ tubuh manusia, gigi adalah bagian tubuh yang paling keras. Umumnya, orang dewasa memiliki 32 gigi yang perannya berbeda-beda. Ada yang berperan untuk mengunyah, maupun membantu berbicara.

Meskipun gigi merupakan bagian tubuh yang paling keras, namun gigi juga tak luput dari serangan penyakit, seperti plak, berlubang, karies, hingga gigi ompong yang membuat banyak orang merasa malu dan tidak percaya diri. Maka dari itu, untuk mengatasi gigi ompong Anda dapat melakukan berbagai macam perawatan gigi berikut ini :

  • Menyikat Gigi secara Rutin

Sebelum menjalani perawatan untuk gigi ompong, ada baiknya jika Anda mencegahnya terlebih dahulu. Untuk mencegah gigi agar tidak ompong, Anda sebaiknya menyikat gigi dua kali sehari secara rutin dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Selain itu, penting juga bagi Anda menghindari makanan penyebab gigi berlubang dan rutin memeriksa gigi ke dokter. Gigi yang sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Baca Juga : 3 Cara Merawat Gigi Berlubang Yang Sering Dilakukan

  • Menggunakan Gigi Palsu

Penggunaan gigi palsu merupakan pilihan yang paling banyak di ambil oleh mereka yang mengalami gigi ompong di usia muda bahkan tua. Selain harganya yang relatif murah, gigi palsu juga bisa dilepas-pasang sehingga mudah untuk membersihkannya.

Ada dua jenis gigi palsu yang dijadikan pilihan, yakni gigi tiruan sebagian (GTS) dan gigi tiruan lengkap (GTL). GTS sendiri diperuntukan bagi mereka yang masih memiliki sebagian gigi asli, sedangkan GTL diperuntukan bagi mereka yang tidak memiliki gigi sama sekali .

Gigi palsu umumnya terbuat dari bahan logam atau plastik, dan bentuknya disesuaikan dengan lekukan rahang dan gusi pasien agar pas di mulut. Gigi palsu memang sangat diperlukan, terutama untuk mereka yang kehilangan gigi untuk mengunyah. Selain itu, gigi palsu juga dapat membantu mencegah otot-otot wajah mengendur. Namun kelemahannya adalah, gigi palsu cenderung mudah rusak atau lepas sehingga butuh lebih sering diganti.

  • Menggunakan Implan Gigi

Jika gigi palsu terasa kurang nyaman untuk digunakan, Anda dapat menggunakan implan gigi sebagai alternatif lain untuk mengatasi gigi ompong, terutama jika rongga mulut Anda mengecil dan tidak bisa dipasangi gigi palsu.

Implan gigi dipasang dengan cara memasukkan sekrup titanium ke dalam tulang rahang guna menyangga gigi palsu, bridge, atau mahkota gigi dan disesuaikan dengan bentuk mulut atau kondisi gigi lain. Maka dari itu, implan gigi cenderung lebih mahal dan belum tentu cocok untuk semua gigi.

Harga Obat Tumor Herbal Terampuh Diskon Hingga 15%