4 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

0
107

Seputarherbal.com – Cara Mengatasi Bayi Cegukan setelah Menyusui. Bayi kerap mengalami cegukan setelah disusui ataupun setelah makan. Cegukan pada bayi memang sering membuat para orang tua khawatir. Namun apabila bayi masih dapat makan dan minum dengan baik, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab terjadinya cegukan adalah, adanya kontraksi diafragma. Difaragma merupakan lembaran besar otot yang terdapat pada bagian bawah paru-paru, juga bersamaan dengan otot-otot atntara tulang iga yang membuat kita dapat bernafas. Kontraksi tersebut dapat menyedot udara ke paru-paru dengan cepeat sehingga membuat flap jaringan pada kerongkongan (epilgottis) menutup. Epilgottis akan membuka ketika makanan akan masuk, dan akan menutup agar makanan tidak keluar lagi. Penutupan epilgottis secara mendadak lah yang menyebabkan terjadinya cegukan.

Berikut ini cara mengatasi cegukan pada bayi:

  • Berikan Bayi ASI

Memberikan bayi ASI merupakan salah satu cara untuk mengatsi cegukan pada bayi. Diafragma bayi akan menjadi lebih rileks saat Anda menyusuinya, sehingga cegukan pun berhenti. Setelah itu, Anda dapat membiarkan bayi bersendawa agar udara yang terjebak di dalam perut bayi keluar. Hal tersebut disebabkan karena, udara tersebutlah yang menjadi pemicu terjadinya cegukan pada bayi.

  • Berikan Bayi Sesuatu untuk Dihisap

Untuk mengatasi cegukan pada bayi, Anda dapat memberi bayi sesuatu untuk dihisap. Seperti dot ataupun puting Ibu. Hal tersebut dapat dilakukan, karena gerakan mulut bayi yang sedang menghisap serta tipuan sedotan pada perut bayi dapat merangsang sendawa, sehingga cegukan pun dapat berhenti.

  • Atur Posisi Bayi

Setelah memberikan ASI dan membiarkan bayi bersendawa, maka Anda juga perlu untuk mengatur posisi bayi. Caranya adalah, dengan Memegang dan memposisikan bayi dalam keadaan tegak lurus. Anda bisa melakukan hal tersebut sambil menggendong bayi. Selain itu, Anda juga dapat menepuk-nepuk dengan lembut bagian belakang tubuh bayi, agar gas di dalam perut bayi naik dan keluar.

  • Bawa Bayi ke Tempat yang Hangat

Cegukan pada bayi juga dapat diakibatkan oleh suhu yang dingin. Maka dari itu untuk mengatasi cegukan pada bayi, hindarilah bayi Anda dari ruangan ber-AC, dan bawa bayi ke tempat yang lebih hangat dan lembab.

Selain cara mengatasi cegukan pada bayi diatas, berikut ini tips mencegah cegukan pada bayi:

Baca Juga : Berbagai Tips Merawat Bayi Untuk Pemula

  • Berikan ASI atau makanan pada bayi, pada saat bayi dalam keadaan tenang (tidak menangis).
  • Setelah menyusui, jangan lakukan hal seperti menggendong bayi dan mengayun-ayunkannya.
  • Posisikan bayi dalam keadaan tegak selama 20 – 30 menit setelah makan.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/