Home Kesehatan Ini Dia Cara Mengatasi Anemia saat Menstruasi

Ini Dia Cara Mengatasi Anemia saat Menstruasi

0
10

Seputarherbal.com – Pada dasarnya, wanita selalu mengalami menstruasi setiap bulan, sehingga membuat wanita mudah mengalami anemia atau kekurangan darah. Maka dari itu, penting bagi Anda para wanita untuk mengetahui cara mengatasi anemia karena haid, agar dapat terhindar dari gejala-gejala anemia yang merugikan kesehatan tubuh.

Anemia merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Kondisi ini paling sering disebabkan akibat kekurangan asupan zat besi di dalam tubuh. Padahal, zat besi merupakan komponen yang sangat berguna untuk memproduksi sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka sel darah juga kemungkinan akan kekurangan protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh (hemoglobin).

Jika Anda mengalami anemia saat menstruasi, sebaiknya Anda segera mengatasinya agar aktivitas Anda tidak terganggu. Pasalnya, anemia pada saat menstruasi dapat menyebabkan tubuh terasa lemas, sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda. Anemia yang menyerang wanita saat menstruasi ataupun saat hamil adalah anemia defisiensi besi. Nah, berikut ini cara mengatasi anemia karena haid :

Baca Juga : Ketahui Dampak Anemia untuk Tubuh

  • Konsumsi Makanan Sumber Zat Besi

Setiap orang tentunya harus peduli dan memenuhi kebutuhan gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama wanita yang sedang mengalami menstruasi. Pasalnya, wanita yang sedang menstruasi mengalami kekurangan darah yang cukup banyak. Maka dari itu, penting bagi Anda para wanita untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dari sumber makanan hewani, seperti daging merah, ati ayam, ikan, telur, dan lain-lain.

  • Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain zat besi, Anda juga harus memenuhi kebutuhan serat pangan yang dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan. Kedua sumber pangan ini mampu membantu melawan anemia yang Anda alami saat dalam masa menstruasi. Sayuran yang kaya akan kandungan zat besi adalah sayuran hijau, seperi bayam. Sementara itu, buah yang baik untuk dikonsumsi ketika mengalami anemia adalah jeruk.

  • Minum Tablet Tambah Darah

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan diatas, ada baiknya jika Anda menambahnya dengan konsumsi tablet tambah darah secara rutin. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan untuk mengetahui anjuran yang tepat. Cara ini dipercaya sangat efektif dalam membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh dengan baik.

  • Kurangi Konsumsi Kafein

Selama menstruasi, sebaiknya And hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, terutama disaat makan. Jangan biasakan minum teh atau kopi disaat makan berat, sebab jika dikonsumsi bersamaan dapat menurunkan penyerapan zat besi dari makanan.

Sembuhkan 5 Gejala KISTA OVARIUM, OBAT HERBAL