Tips Agar tidak Mengeluarkan Air Liur (Ngiler) Saat Tidur

0
70

Seputarherbal.com – Cara Mengatasi Agar tidak Ngiler Waktu Tidur. Rasanya pasti tidak nyaman saat Anda menyadari ketika mengeluarkan air liur (ngiler) saat tidur. Air liur sendiri diproduksi oleh kelenjar air liur yang dikendalikan otak. Pasalnya, otak akan terus bekerja bahkan selama Anda tertidur, sehingga mulut akan terus-menerus memproduksi air liur. Hal ini mengalibatkan air liur menggenang di dalam mulut.

Ngiler saat tidur lebih banyak dialami oleh bayi dan anak-anak yang masih belum memiliki kontrol otot wajah yang sempurna. Meskipun begitu, orang dewasa pun bisa saja membasahi bantalnya dengan air liur ketika tidur. Meskipun ngiler merupakan kondisi umum yang wajar, apakah ada cara menghilangkan kebiasaan tersebut? Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya agar tidak ngiler saat tidur.

Saat berada dalam keadaan sadar, otot lidah, rahang, dan wajah, akan membantu menjaga agar air liur tidak merembes keluar dari mulut. Namun, ketika tertidur otot-otot tersebut akan melemas sepanjang malam, sehingga kemampuan untuk menahan air liur agar tidak keluar pun berkurang. Belum lagi jika Anda tertidur dalam posisi miring. Hal ini akan memudahkan mulut untuk terbuka, sehingga air liur akan keluar dengan mudah.

Selain itu, ngiler juga dapat terjadi saat seseorang mengalami gangguan pernapasaan. Seperti di saat mengalami flu, alergi, atau infeksi sinus. Gangguan pernaasan tersebut menyebabkan hidung tersumbat sehingga harus bernapas lewat mulut.

Meskipun bukan masalah yang serius, namun ngiler saat tidur kerap membuat seseorang merasa lalu ketika tertangkap basah oleh orang lain. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, berikut cara yang dapat Anda lakukan agar tidak ngiler saat tidur :

  • Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur miring atau tengkurap dapat meningkatkan risiko ngiler. Maka dari itu, ubahlah posisi tidur Anda dengan cara telentang. Anda juga dapat meletakkan bantal guling atau bantal tebal di kedua sisi tubuh dan di bawah lutut agar tidak beruling dan berubah posisi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mendengkur Keras saat Tidur

  • Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Agar tidak ngiler saat tidur, sebaiknya Anda membatasi asupan makanan manis yang mengandung gula tinggi. Pasalnya, semakin banyak mengonsumsi makanan manis, maka dapat merangsang produksi air liur yang lebih banyak pula.

  • Gunakan Obat Alergi dan Sinus

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa ngiler ketika tidur dapat disebabkan oleh sinus dan alergi. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda minum obat pereda alergi dan sinus agar dapat bernapas lega selama tidur.

OBAT CINA Kanker Serviks Terbaik di Dunia