Home Kesehatan Upaya Pencegahan Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Upaya Pencegahan Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

0
89

Seputarherbal.com – Bibir sumbing pada bayi adalah kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya belahan atau celah pada bibir bagian atas. Kondisi tersebut menyebabkan berbagai macam gangguan pada bayi, seperti bayi sulit menyusui, sulit menelan, hingga terjadi gangguan dalam kemampuan berbicara seiring pertambahan usia anak. Bibir sumbing pada bayi tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan saja, namun terdapat faktor lain, seperti akibat rokok, obesitas, hingga diabetes. Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara mencegah bayi bibir sumbing, agar para Ibu bisa waspada.

Berikut cara mencegah terjadinya bibir sumbing pada bayi :

  • Makan Makanan Bergizi

Dalam masa kehamilannya, seorang Ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisinya secara rutin. Kurangnya asupan nutrisi saat hamil dapat meningkatkan risiko cacat pada janin, termasuk kondisi bibir sumbing pada bayi. Maka dari itu, konsumsilah makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi yang penting untuk kesehatan Ibu hamil serta janin yang berada di dalam kandungan.

Nutrisi yang paling dibutuhkan oleh Ibu hamil adalah asam folat. Asam folat berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada di dalam kandungan. Jika kebutuhan asam folat tidak tercukupi dengan baik, maka risiko melahirkan bayi dengan bibir sumbing pun meningkat.

Baca Juga : Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat

  • Hindari Asap Rokok

Ibu hamil sebaiknya menghindari tempat yang terkontaminasi dengan asap rokok. Hal tersebut disebabkan karena, asap rokok yang terhirup juga akan berdampak pada kesehatan janin, seperti terjadinya bibir sumbing pada bayi ketika lahir.

  • Berhenti Merokok

Saat ini masih saja ada wanita yang merupakan perokok aktif. Jika Anda sebagai Ibu hamil adalah perokok aktif, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya merokok selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, termasuk bibir sumbing hingga keguguran.

  • Mengontrol Gula Darah

Menerapkan pola hidup sehat, merupakan kunci utama untuk menghindari cacat pada janin. Salah satu yang harus Ibu hamil perhatikan adalah kadar gula darah di dalam tubuh. Anda sebaiknya mengontrol kadar gula darah Anda, karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes saat hamil. Kondisi tersebut juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan keadaan bibir sumbing. Selain itu, Anda sebagai Ibu hamil juga harus tetap aktif bergerak dan hindari konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan selama masa kehamilan.

  • Menjaga Berat Badan

Salah satu penyebab kecacatan pada janin seperti bibir sumbing adalah obesitas (kelebihan berat badan). Maka dari itu, untuk mencegah kondisi tersebut, Ibu hamil harus senantiasa menjaga berat badannya agar tidak terjadi obesitas.

Obat Cina Untuk Kista Terbaik & Teregistrasi BPOM