Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

0
242
cara mencegah asam urat

Cara mencegah asam urat

Seputarherbal.com – Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Harusnya asam urat larut melalui urin , tetapi dalam keadaan tertentu asam urat juga bisa menumpuk dalam tubuh dan suling dibuang , sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Asam urat yang menumpuk akan membentuk Kristal pada sendi, akibatnya akan membuat nyeri pada sendi. Selain itu fungsi ginjal bisa juga terganggu jika penumpukan Kristal asam urat terbentuk di daerah ginjal dan saluran kemih.

Berikut dibawah ini adalah cara mencegah asam urat yang sederhana :

Minum Air Putih

Minumlah air putih  karena air outuh banyak mengandung mineral , bagus untuk kesehatan tubuh kita. Minumlah 8 gelas perhari dan hindari minuman bersoda.

Baca Juga : Cara Meningkatkan daya tahan tubuh

Hindari Minuman Beralkohol

Bir merupakam minuman beralkohol yang paling banyak dijumpai, jenis minuman ini memiliki kadar purin yang tinggi. Jika sulit meninggalkan minuman beralkohol kurangilah mengkonsumsinya secara bertahap.

Hindari Minum Kopi

Minum Kopi yang terlalu banyak bisa jadi merusak lambung, tetapi beberapa peniliti juga berpendapat bahwa jika meminum kopi bisa digunakan untuk menurunkan risko terkena penyakit asam urat. Seseorang yang terkena asam urat jika meminum kopi maka kadar asam uratnya akan menurut sedikit demi sedikit.

Minum Susu

Satu gelas susu dapat menurunkan kadar asam urat rata-rata hingga 0,30 mg. Minumlah susu setiap harinnya supaya kadar asam urat bisa menurun.Segelas susu juga termasuk ke dalam menu diet sehat.

Mengkonsumsi Buah Ceri dan Stroberi

Buah ceri dan stoberi dapat menurunkan kadar asam urat, karena buah tersebut kaya antioksidan dan berpurin rendah. Buah Ceri da stoberi bisa disajikan dengan dibuat jus maupun dimakan langsung. Kandungan dari buah ini langsung berusaha memengari asam urat oleh komponen yang terkandung di dalamnya.

Multivitamin

Pilih multivitamin yang mengandung banyak mineral seperti kalsium,zinc, dan magnesium. Minumlah satu tablet setiap harinya terutama untuk mereka yang berusia 40 tahun.

Baca Juga : Olahraga bagi penderita penyakit jantung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here