Begini Cara Kerokan yang Benar

0
10

Seputarherbal.com – Kerokan merupakan kegiatan terapi yang dilakukan oleh orang Indonesia (khususnya Jawa) ketika mengalami masuk angin. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa mengatasi masuk angin dengan cara kerokan adalah mitos. Meskipun begitu banyak orang yang menderita masuk angin dan berhasil disembuhkan dengan cara kerokan ini. Pada dasarnya, kerokan hampir mirip dengan teknik akupuntur. Kerokan dilakukan untuk meningkatkan suhu dan energi pada daerah yang dikerok. Peningkatan energi tersebut, dapat memberi rangsangan pada kulit tubuh bagian luar. Efek kerokan yang diterima adalah mengembangnya pembuluh darah pada kulit yang awalnya menguncup karena terpapar angin, sehingga aliran darah kembali lancar. Selain itu, kerokan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Begini cara kerokan yang benar :

  • Menggunakan Alat yang Tumpul

Biasanya kerokan dilakukan dengan alat bantu berupa koin logam, batu giok, plastik, potongan bawang, potongan jahe ataupun keramik. Karena pada dasarnya kerokan bertujuan untuk memberi rangsangan terhadap kulit bagian luar, maka sebaiknya Anda menggunakan alat bantu yang tumpul agar tidak melukai permukaan kulit.

  • Menggunakan Bahan Pelicin saat Kerokan

Disarankan untuk memberikan bahan pelicin sebelum Anda melakukan kerokan agar memberikan efek hangat pada tubuh dan rangsangan yang lebih kuat pada permukaan kulit. Bahan tersbut bisa berupa balsam, minyak kayu putih, minyak bayi, minyak jahe ataupun minyak kelapa. Selain itu, penggunaa bahan pelicin juga berguna untuk melindungi kulit dari luka-luka atau lecet akibat kerokan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masuk Angin Saat Hamil

  • Sesuaikan dengan Titik Meridian

Bagian tubuh yang biasanya dikerok ketika mengalami masuk angin adalah punggung, leher, bahu, dada atau pinggang. Kerokan bahkan bisa saja dilakukan di seluruh bagian tubuh, kecuali bagian tubuh yang memiliki cairan seperti mata dan organ vital. Hal yang perlu Anda lakukan adalah, lakukan kerokan mulai dari arah atas menuju ke bawah dan dilakukan sesuai arah meridian (jalur lintas energi dalam tubuh). Agar lebih efektif, Anda dapat melakukan kerokan berdasarkan titik akupuntur dengan meridian yang sesuai dengan keluhan penyakit yang Anda rasakan.

  • Konsumsi Makanan Pendukung

Ketika melakukan kerokan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan pendukung untuk mempercepat proses penyembuhan. Dalam kasus ini, Anda dapat mengonsumsi tomat, jeruk, minuman hangat jahe atau sup kaldu ayam.

  • Tidak Mandi Setelah Kerokan

Jika Anda melakukan kerokan, dianjurkan untuk tidak mandi setelahnya. Hal ini disebabkan karena pori-pori kulit akan berada dalam kondisi terbuka, sehingga apabila terkena air kulit akan menjadi kering. Jika Anda ingin membersihkan tubuh, maka Anda cukup mengusapnya dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/