Cara Jitu Usir Ketombe Secara Alami

0
316

Seputarherbal.com – Ketombe merupakan hasil dari kulit kepala yang mati dan mengering. Hal ini sebernarnya termasuk dalam kondisi yang wajar, namun bagi beberapa orang kondisi ini dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu aktivitas. Belum lagi jika Anda menggunakan baju berwarna gelap, serpihan-serpihan ketombe akan terlihat dengan jelas di bahu Anda dan membuat Anda merasa tidak percaya diri. Meski banyak produk sampo anti ketombe yang dijula di pasaran, namun tak jarang itu semua tidak memberi banyak pengaruh terhadap ketombe di kepala Anda. Sementara itu, berganti-ganti produk sampo dapat membuat ketombe semakin parah. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara jitu usir ketombe secara alami dan mudah.

Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengusir ketombe :

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tak diragukan lagi manfaatnya di dalam dunia kecantikan, termasuk kecantikan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan  protein, lemak,kalsium, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Selain  bermanfaat untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut berkilau, lidah buaya juga memiliki manfaat lain untuk rambut. Diantaranya adalah, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, dan juga sangat apuh dalam membasmi ketombe secara alami.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang memiliki vitamin C paling tinggi. Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk nipis dapat membantu pertumbuhan akar rambut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut dan mengatasi kebotakan. Penggunaan jeruk nipis secara rutin pada kulit kepala juga dapat membantu membasmi ketombe secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan keruk nipis dengan air biasa secukupnya, oleskan di kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat agar air jeruk nipis menyerap, kemudian bilas dengan air bersih.

  • Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga merupakan jenis jeruk lainnya yang dapat mengatasi ketombe serta rambut rontok secara alami. Caranya sama dengan mengaplikasikan jeruk nipis di kulit kepala.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun mampu menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata, berikan pijatan-pijatan ringan agar minyak zaitun meresap, diamkan selama 30 menit, dan bilas menggunakan air hangat.

  • Soda Kue

Salah satu bahan untuk membuat kue, yakni soda kue ternyata juga cukup ampuh dalam mengusir ketombe. Hal ini disebabkan karena, soda kue dapat membantu mengangkat kulit mati yang tersisa di sekitar akar rambut. Caranya adalah, cukup dengan menyampurkan soda kue dengan sampo yang Anda gunakan. Soda kue berguna untuk memaksimalkan fungsi sampo dalam mengangkat ketombe ketika dibilas.

Obat Kanker Tanpa Operasi | Beli Online Via Tokopedia