Cara Memeriksa Kadar Asam Urat Dalam Tubuh

0
21

Seputarherbal.com – Cara Cek asam urat tanpa alat. Asam urat merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh tingginya kadar purin yang terdapat dalam tubuh. Tingginya kadar purin tersebut menyebabkan penumpukan kristal asam urat di sekitar sendi, antara lain sendi kaki, tumit, tangan dan jari-jari. Dampak dari asam urat adalah terjadinya peradangan dan pembengkakkan pada persendian. Penderita asam urat tentunya harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, alkohol, ikan teri, sarden dan makanan yang mengandung santan.

Sebenarnya asam urat bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu senyawa alami yang dapat dihasilkan oleh tubuh. Apabila kadar asam urat masih dalam batas yang wajar, maka tidak akan menyababkan masalah. Akan tetapi, apabila kadar asam urat terlampau tinggi, maka akan menyebabkan gangguan berupa gagal ginjal atau rematik.

Cara Cek Kadar Asam Urat

Berikut ini cara memeriksa kadar asam urat di dalam tubuh :

Baca Juga : Cara mengobati asam urat secara alami atau dengan obat herbal

  • Cek Kadar Asam Urat dalam Darah

Pengujian asam urat dalam darah ini dilakukan di laboraturium, bertujuan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya asam urat atau tidak. Biasanya hasil pengujian ini akan diketahui 1 sampai 2 hari kemudian. Acuan yang digunakan oleh lab satu dengan lab lainnya terkadang berbeda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab laboratorium akan membubuhkan sumber atau acuan yang dipakainya. Berikut ini contoh acuan tersebut :

  • Kadar asam urat normal pada wanita : 2,4 sampai 6 mg/dL
  • Kadar asam urat normal pada pria     : 3,4 sampai 7 mg/dL
  • Kadar asam urat normal pada anak   : 2,0 sampai 5,5 mg/dL

Apabila kadar asam urat Anda berada pada kisaran normal, tetapi Anda kerap merasakan gejala asam urat, maka Anda memerlukan penanganan medis karena asam urat telah menjadi kristal. Sebaliknya, jika kadar asam urat Anda berada dalam keadaan tidak normal, tetapi tidak ada gejala yang ditimbulkan maka kemungkinan Anda belum memerlukan penanganan khusus. Keluhan asam urat lebih banyak terdapat pada lansia atau pria.

  • Cek Kadar Asam Urat dalam Darah

Pengujian asam urat dalam urin juga dapat membantu menentukan seseorang terkena asam urat atau tidak. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada asam urat yang menumpuk dalam darah atau tidak. Ketika pengujian melalui urin dilakukan, maka kadar asam urat dalam air seni akan menurun. Hal ini disebabkan karena, ginjal tidak dapat membuang asam urat yang menumpuk di darah lewat urin dengan normal. Selain itu, tes urin juga berfungsi untuk mengetahui adanya batu ginjal yang terbentuk karena asam urat, karena asam urat yang tinggi dalam urin dapat membentuk batu ginjal.

Cara memeriksa kadar asam urat dalam urin adalah, dengan mencatat waktu pertama kali Anda kencing di pagi hari sebagai penanda awal pengumpulan urine selama 24 jam. Kemudian Anda bawa hasilnya ke laboratorium untuk di periksa. Setelah urin dikumpulkan selama 24 jam, kadar asam urat yang normal di air seni berkisar antara 250 hingga 750 mg.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-jinak/