Beberapa Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

0
38

Seputarherbal.com – Dalam masa kehamilannya, tubuh ibu hamil mengalami berbagai perubahan yang disebabkan oleh hormon. Tubuh ibu hamil tidak hanya bekerja untuk dirinya sendiri, akan tetapi juga bekerja untuk janin yang ada di rahimnya. Salah satu yang sering dialami oleh ibu hamil adalah bengkak pada kaki.

Baca Juga : Pentingnya Senam Ibu Hamil Bagi Kesehatan 

Pembengkakkan kaki bisa disebut juga dengan edema. Kondisi seperti ini biasanya dialami ibu hamil pada trisemester 3. Hal ini disebabkan karena terdapat cairan yang menumpuk pada jaringan sel tubuh. Bengkak pada kaki ini biasanya terjadi setelah berdiri atau duduk terlalu lama. Bengkak pada bagian kaki ini tentunya adalah hal normal yang dialami ibu hamil pada masa kehamilannya. Dalam artikel ini akan membahas cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Berikut cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil :

  • Meninggikan Posisi Kaki

Dengan meninggikan posisi kaki saat sedang duduk maupun berbaring, dapat melancarkan aliran darah pada daerah kaki. Anda dapat menggunakan ganjalan seperti bantal atau semacamnya agar posisi kaki lebih tinggi.

  • Pijat Menggunakan Minyak

Melakukan pijatan pada bagian kaki yang bengkak dapat membantu mengatasi kelebihan cairan yang menumpuk pada bagian kaki dan juga dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih, minyak lavender ataupun minyak lemon untuk melakukan pijatan tersebut.

  • Merendam Kaki kedalam Air Garam

Air garam dapat menyerap cairan berlebih pada bagian kaki yang bengkak. Caranya adalah, dengan merebus air yang telah dicampur dengan garam, kemudian diamkan rebusan air garam tersebut hingga hangat. Setelah itu anda bisa merendamkan kaki anda pada air garam tersebut.

  • Kompres Kaki dengan Air Dingin

Mengompres kaki dengan air dingin efektif untuk melancarkan peredaran darah di kaki. Anda hanya perlu menyediakan satu ember air es, kemudian rendamkan kaki anda kedalam air es tersebut. Pastikan kaki anda sudah dalam keadaan bersih sebelum merendamkan kaki anda kedalam air es.

  • Tidur dengan Posisi Miring

Tidur dalam posisi miring dapat membantu mengurangi tekanan yang dibebankan pada pembuluh vena cava juga dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga dapat mengatasi pembengkakkan pada kaki.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here