Ini Dia Buah-Buahan dengan Kandungan Air Paling Tinggi

0
351

Seputarherbal.com – Sebaigian besar tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, setiap orang harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar terhidrasi dan berfungsi dengan baik. Anjuran minum air dalam sehari adalah 8 gelas, sebanyak 2 hingga 4 liter. Namun, jika Anda kesulitan untuk mengonsumsi air putih sebanyak itu, maka Anda dapat menggantinya dengan buah yang kaya air di dalamnya. Hal ini juga ampuh dalam mencegah tubuh dari dehidrasi dan masalah-masalah lainnya yang disebabkan oleh kekurangn cairan.

Berikut ini berbagai macam buah yang memiliki kadar air tinggi :

  • Timun

Timun merupakan buah dengan kadar air paling tinggi dibandingkan dengan buah lainnya, yakni hingga 97%. Hampir seluruh isi dalam kulit timun adalah air, sehingga mengonsumsi timun dapat menghilangkan dahaga pada tubuh secara efektif. Selain memiliki kandungan air yang tinggi, timun juga memiliki kandungan flavonoid yang disebut dengan fisetin yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu kandungan serat yang terdapat pada timun juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Mengonsumsi timun secara rutin bahkan dapat mengurangi risiko penyakit batu ginjal.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan air sebanyak 94%. Satu buah tomat berukuran sedang mengandung sekitar 118 ml air. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, termasuk vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kadar air yang tinggi pada tomat berkontribusi pada kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, tomat juga kaya akan serat dan antioksidan yang dapat menangkal berbagai penyakit, termasuk likopen. Likopen dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

  • Semangka

Jika Anda mendengar hal mengenai buah yang kaya akan kandugan air, mungkin yang pertama terlintas di benak Anda adalah semangka. Semangka memang salah satu buah-buahan yang kaya akan kandungan air, yakni sebesar 92%. Kandungan air pada semangka juga memiliki banyak nutrisi. Semangka juga merupakan sumber likopen yang baik yang dapat melawan sel kanker secara efektif. Jumlah vitamin A pada buah semangka sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Tak hanya vitamin A, semangka juga mengandung vitamin C dan vitamin B6. Buah ini juga memiliki serat tinggi yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Baca Juga : Selain Pisang, Berikut Daftar Buah yang Mengandung Potasium

  • Stroberi

Stroberi merupakan buah yang memiliki rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan. Buah yang memiliki warna merah segar ini ternyata memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yakni sebanyak 91%. Air rendaman buah ini juga sangat baik untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

Awas! Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Jadi Penyebab Kanker Serviks